Pembekalan DPL PKPM-KP, Warek 1 IIB Darmajaya Pesan Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat

BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)– Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan pembekalan terhadap dosen pembimbing lapangan (DPL) Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) dan Kerja Praktik (KP) 2021/2022, di Aula Lantai 2 Gedung Yoenidar Karim, Jumat (14/2/22).

Sebanyak 26 DPL PKPM dan 26 DPL KP selama pelaksanaan mulai 31 Januari 2022 – 2 Maret 2022 yang dilaksanakan secara luring. DPL akan membimbing mahasiswa di 4 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan yang menjadi lokasi PKPM.

Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan rasa syukurnya mulai bulan ini Darmajaya dapat melaksanakan PKPM luring. “Sebenarnya PKPM ini akan diadakan luring dari semester sebelumnya, tapi  terdapat varian baru virus Corona (Delta).

Makhluk yang bernama Covid ini bisa bermutasi dan bagaimana bertahan hidup. Dan kita juga menyiapkan alumni kita yang bisa bertahan hidup yakni alumni yang bisa beradaptasi dan berkreasi di lapangan kerja,” kata Abdul Aziz, saat membuka pembekalan DPL PKPM dan KP 2021/2022..

Menurut dia, tidak terbayang lima tahun lagi mahasiswa akan menghadapi seperti apa perkembangan di masyarakat dan lapangan pekerjaan. “Jangan-jangan sudah ada coding yang lebih mudah dari saat ini. Mahasiswa kita juga harus sudah menyiapkan program ke masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya,” ujarnya.

Menurut dia, apakah program yang dibuat dahulu akan sama dengan sekarang. “Covid saja sudah memiliki varian baru dan beradaptasi. Jadi program (PKPM atau KP) yang akan dibuat harus disesuaikan dengan kondisi sekarang,” urainya.

Doktor lulusan Jepang ini juga meminta mahasiswa membuat program yang dibutuhkan masyarakat di lokasi PKPM. Sehingga, kata dia, mahasiswa dapat membuat program yang riil untuk masyarakat desa. Terlebih, masyarakat desa sekarang juga sudah pintar dengan tingkat pendidikannya tinggi.

“Untuk mahasiswa yang kerja praktik juga harus dapat pengetahuan lebih di tempat kerja praktiknya. Karena, di tempat praktik mahasiswa lakukan, dapat dijadikan objek penelitian tugas akhir ketika skripsi,” imbuhnya.

Abdul Aziz–biasa dia disapa–menekankan agar dalam pelaksanaan PKPM dan KP jangan sampai memberikan kesan yang buruk. Karena, mereka merupakan brand ambassadornya IIB Darmajaya agar dapat dijaga attitudenya selama pelaksanaan PKPM dan KP.

“Jadi, sekali lagi titip kepada anak-anak kita, bimbing mereka seperti membimbing anak-anak kita di rumah. Selamat membimbing anak-anak PKPM dan KP dan semoga KP dan PKPM dilancarkan,” tandasnya.

Dalam pembekalan PKPM dan KP diisi oleh Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM Fitria, S. Kom., M. Kom., dan Andri Winata, S.E., M.Sc. Turut juga dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Dr. Faurani I Santi Singagerda, S.E., M.Sc., Dekan Fakultas Ilmu Komputer Zaidir Jamal, S.T., M.Eng., dan semua Ketua Prodi. (**)

DIBACA - 3 KALI

Check Also

Ketua Yayasan Alfian Husin dan Rektor IIB Darmajaya Harap Mahasiswa Jadikan Erick Thohir Teladan dan Inspirasi

BANDARLAMPUNG – (deklarasinews.com) – Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *