Kenang Jasa Pahlawan, Sempena Hari Bhayangkara ke 78 Jajaran Polda Sumsel Gelar Upacara Ziarah TMP

PALEMBANG – (deklarasinews.com)– Menjelang Hari Bhayangkara ke-78, Polda Sumsel dan jajaran menggelar upacara penghormatan, untuk mengenang jasa para pahlawan pada Senin (24/6/2024).

Di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, memimpin upacara ziarah bersama pejabat utama dan pasukan.

“Kepada arwah para pahlawan, hormaaat gerakk,” suara Kapolda penuh khidmat.

Upacara yang dipimpin Kapolda Sumsel di TMP Ksatria Ksetra Siguntang, juga dihadiri sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Sumsel, perwira menengah (pamen), dan anggota lainnya.

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo Sik melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto mengatakan pimpinan Polda Sumsel memimpin upacara ziarah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela Negara.

“Kegiatan upacara ziarah ini dilakukan setiap tahunnya, tepatnya menjelang Hari Bhayangkara yang diperingati pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang. Bapak Kapolda memimpin upacara ziarah di TMP Ksatria Ksetra Siguntang, dan Bapak Wakapolda memimpin upacara ziaran tabur bunga didermaga Polairud,” kata Sunarto.

Selain upacara dan tabur bunga, Kapolda Sumsel dan rombongan juga mendoakan arwah para pahlawan, sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa-jasanya dalam merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Dengan mengenang jasa para pahlawan, semoga Polri dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan Negara,” tuturnya.

Terpisah, pada waktu yang bersamaan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK MSi, juga memimpin upacara tabur bunga di perairan Sungai Musi, dari dermaga markas komando (mako) Direktorat Polairud Polda Sumsel.

Upacara ini dilakukan juga untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur di perairan, dalam merebut dan memperjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pengarungan dan penaburan di perairan.

“Diakhiri penghormatan terakhir dipimpin oleh Wakapolda Sumsel,” ujarnya.

Upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan hari ini juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polres jajaran Polda Sumsel.

“Untuk ditingkat Polres, seluruhnya juga melaksanakan secara serentak hari ini dipimpin oleh Kapolres,” tutupnya. (Rls/Ags).

 

Tinggalkan Balasan