Riana Sari Arinal Kunjungi Lampung Selatan

KALIANDA -(deklarasinews.com)- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengingatkan seluruh organisasi kewanitaan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan untuk dapat segera merapatkan barisan dan menyusun program kerja ke depan, serta menjalin kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait. Hal tersebut disampaikan Riana Sari dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan pada, Rabu (8/12/2021).

Menurut Riana, gerakan PKK dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi. “Lakukan inovasi, terobosan dan aksi nyata sehingga organisasi menjadi hidup serta dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak,” ujarnya, dalam kegiatan yang mengusung tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan” itu.

Riana juga mengatakan walaupun pandemi Covid-19 telah berlangsung selama hampir dua tahun dan membawa dampak luar biasa bagi kehidupan manusia di seluruh dunia termasuk di Provinsi Lampung, semangat bergotong royong diharapkan dapat menjadi potensi yang luar biasa untuk bertahan dimasa pandemi ini.

“Jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, ternyata ketahanan masyarakat dalam bentuk semangat bergotong royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa anggota PKK juga berkewajiban untuk mendata dan membantu anak-anak dari masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Selain PKK, kunjungan ini juga bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada organisasi di tingkat Kabupaten Lampung Selatan dan dilaksanakan secara terintegras dengan 7 organisasi lainnya yaitu Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, LKKS, Perwosi, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Palang Merah Indonesia.

Ia sangat berharap dapat terjalin kerjasama antar organisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. “Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya,” lanjut Riana.

Terakhir ia mengingatkan juga bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga masyarakat tetap harus disiplin dalam menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Semoga pandemi ini segera berlalu, dan kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun Bumi Lampung yang kita cintai. Tetap semangat, lindungi diri, lindungi keluarga dan lindungi sesama untuk Lampung Berjaya. Insya Allah dengan semangat dan kerjasama, kita akan mampu melewati pandemi ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan Nanang Hermanto mengapresiasi Riana Sari karena telah begitu perduli dengan generasi penerus bangsa khususnya di Provinsi Lampung. Ia berharap dengan adanya kunjungan kerja ini menjadi penyemangat untuk masyarakat Kabupaten Lampung Selatan untuk terus maju demi mewujudkan Lampung berjaya.

Nanang juga menyatakan siap untuk mendukung program kerja Gubernur Arinal dalam sektor pariwisata. “Kalau kita sudah siap mendukung program-program Pak Gubernur, Gubernur juga akan mempunyai suatu semangat untuk meningkatkan potensi wilayah Kabupaten Lampung Selatan,” lanjutnya.

Pada acara ini juga Riana Sari Arinal membagikan bantuan kepada masyarakat Lampung Selatan, Pondok Pesantren, Panti Asuhan, Ibu hamil, balita kurang gizi, PKK Desa, anak-anak, pengrajin, sekolah-sekolah setempat dan lansia. Adapun bantuan tersebut berupa bahan pokok, susu, alat kebersihan rumah tangga, hygiene kit, bibit tanaman, budidaya ikan di dalam ember, mainan edukasi anak, alat-alat kerajinan, multivitamin, standing thermo dan lainnya.

Di sela-sela acara, Riana Sari juga bersama-sama dengan anak-anak SDN Batu Balak menkampanyekan Gemarikan. Kampanye Gemarikan sendiri adalah gerakan untuk membangun kesadaran gizi masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan sejak dini.

Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana mengunjungi stand Dekranasda Lampung Selatan untuk mencoba mempraktekan pembuatan kain dengan metode eco print dan ia juga berpesan untuk selalu melakukan pembinaan seperti pelatihan membatik tulis inuh dan tapis tenun inuh dengan motif khas Lampung Selatan yang cukup beragam serta mengoptimalkan galeri di bandara, pelabuhan, dan rest area sebagai media pemasaran dan promosi produk para perajin.

Terakhir Ibu Riana menyambangi stand donor darah dari PMI dan menyempatkan diri untuk bercakap sekaligus membagikan paket sembako untuk 50 pendonor pertama sebagai ucapan terima kasih karena telah mendonorkan darahnya. Gerakan donor darah ini bertajuk Siger (Saatnya Ikut Bergerak untuk Masyarakat yang Membutuhkan) Donor Darah yang di inisiasi langsung oleh Ibu Riana Sari Arinal sebagai Ketua PMI Provinsi Lampung. (kmf)

DIBACA - 2 KALI

Check Also

Siap Bersinergi Katar Pagaralam Dikukuhkan

PAGARALAM – (deklarasinews.com) – Dihadiri oleh ketua Katar Kabupaten diantaranya Lahat,Muba, PALI, OKI dan Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *