BANDAR LAMPUNG –(deklarasinews.com)– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung launching perdana mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), di Gedung Satu Atap Pemkot Bandar Lampung pada Kamis (3/12/2020).

Mesin ADM ini diluncurkan untuk mempermudah proses pencetakan dokumen dan catatan sipil secara online seperti Kartu Keluarga (KK), E-KTP dan Akta. Hal ini sejalan dengan perkataan Zainuddin Kadis Dukcapil Bandar Lampung.

“Ini sesuai dengan Permendagri No.7 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan pencetakan, penerbitan dokumen kependudukan dan catatan sipil melalui online, serta Peraturan Daerah APBD tentang pengadaan ADM tahun 2020,” tegasnya.

Peluncuran ADM ini sejalan dengan keinginan Wali Kota untuk memberi kemudahan dalam mendapatkan dokumen dukcapil dengan mudah, efektif, dan efisien.

Selain tidak memerlukan waktu yang lama, semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat ini tidak dikenakan biaya atau gratis.

“Bagaimana pelayanan Dukcapil lebih cepat, akurat dan lancar. Semua pelayanan gratis, termasuk urusan Dukcapil,” ujar Herman HN.

Dokumen yang sudah direkam nantinya akan dikirimkan kerumah warga masing-masing melalui Disdukcapil dan koordinasi bersama Pol PP, Kecamatan dan Kelurahan setempat.

Zainuddin melanjutkan bahwa adanya ADM ini efektif untuk menghindari kerumunan apalagi menjelang Pilkada banyak masyarakat yang mengurus berkas e-KTP dan lainnya. (Niken)