Dinilai Berhasil Membina dan Mengukuhkan Tiyuh-tiyuh Sadar Hukum, M. Firsada Raih Penghargaan

TUBABA -(deklarasinews.com)- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si., menerima Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Sadar Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia atas prestasi luar biasa dalam memajukan desa-desa di wilayahnya menjadi desa/tiyuh sadar hukum.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Ballroom Swiss-Belhotel, Kota Bandar Lampung. Selasa (26/06/2024).

Pj Bupati M. Firsada menyampaikan rasa syukur dan bangga atas penghargaan yang diterimanya, serta menjelaskan betapa pentingnya upaya membangun kesadaran hukum di tingkat tiyuh untuk mewujudkan tata kelola yang baik dan perlindungan hukum bagi masyarakat.

M. Firsada telah berhasil mengimplementasikan berbagai program dan kebijakan inovatif yang mendukung tiyuh-tiyuh di wilayahnya untuk menjadi tiyuh sadar hukum. Melalui pendekatan partisipatif dan edukatif, tiyuh-tiyuh binaan di Kabupaten Tubaba telah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban hukum, serta memperkuat sistem hukum di tingkat lokal.

“Penerimaan penghargaan ini menjadi dorongan tambahan bagi Pemkab Tubaba untuk terus berkomitmen dalam memperkuat tiyuh-tiyuh sebagai entitas hukum yang mandiri dan bertanggung jawab,” ujar Pj Bupati.

M. Firsada mengungkapkan bahwa penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras seluruh tim yang terlibat dalam pembinaan tiyuh-tiyuh sadar hukum, serta mengajak semua pihak untuk terus mendukung upaya peningkatan kesadaran hukum di tingkat tiyuh.

Dengan menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa Sadar Hukum, Pj Bupati Kabupaten Tubaba memberikan contoh inspiratif bagi kabupaten-kabupaten lain di seluruh Indonesia untuk meningkatkan peran desa dalam pemahaman dan implementasi hukum yang berkeadilan.

“Semoga prestasi yang diraih ini dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk melanjutkan upaya memajukan tiyuh-tiyuhnya menjadi tiyuh sadar hukum demi kesejahteraan masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya.

Adapun tiyuh yang telah diresmikan sebagai Tiyuh Sadar Hukum di Kabupaten Tubaba adalah Tiyuh Cahyou Randu Kecamatan Pagar Dewa, Tiyuh Makarti Kecamatan Tumijajar, Tiyuh Gedung Ratu dan Tiyuh Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik, Tiyuh Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang.

Kemudian, Tiyuh Panaragan Jaya Indah, Tiyuh Panaragan Jaya Utama, dan Tiyuh Penumangan Baru Kecamatan Tulang Bawang Tengah serta Tiyuh Mulyo Jadi Kecamatan Gunung Terang. (Mar/Irul)

Tinggalkan Balasan