PURWAKARTA – (deklarasinews.com)– Perayaan Hari Ulang Tahun ke-193 Purwakarta dan ke-56 Kabupaten Purwakarta kembali meriah dengan suksesnya Festival UMKM Naik Kelas di Taman Pasanggrahan Alun-alun Purwakarta pada hari Minggu Kemarin.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat serta tim pendamping UMKM Kabupaten Purwakarta menandai komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan UMKM lokal. Puncak acara terjadi saat PJ Bupati Purwakarta, Benni Irwan, secara simbolis menyerahkan kartu peserta BPJamsostek kepada para pegiat UMKM.

“Dengan penyerahan kartu peserta ini, kami berharap para pegiat UMKM dapat merasakan perlindungan yang nyata dalam menjalankan usaha mereka,” ujar Benni Irwan. Minggu 7 Juli 2024.

Menurut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta, Wira Sirait, pegiat UMKM kini dapat mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran bulanan terjangkau sebesar Rp16.800.

“Dengan iuran tersebut, peserta dapat memperoleh perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,” ungkapnya.

Wira Sirait juga menyambut baik inisiatif Festival UMKM Naik Kelas yang diselenggarakan di Purwakarta. Menurutnya, keikutsertaan UMKM dalam program BPJS Ketenagakerjaan merupakan langkah positif untuk melindungi para pekerja informal.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah daerah dalam memperluas cakupan perlindungan sosial bagi UMKM. Dengan adanya jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, diharapkan para pegiat UMKM dapat merasa lebih aman dan terjamin dalam menjalankan aktivitas usaha mereka,” ungkap Wira.

Lebih lanjut, Wira menjelaskan bahwa melalui program ini, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan perlindungan finansial, tetapi juga meningkatkan akses para pelaku UMKM terhadap fasilitas sosial yang lebih luas. “Kami berupaya agar semua lapisan masyarakat, termasuk UMKM, dapat merasakan manfaat positif dari program perlindungan sosial yang kami tawarkan,” katanya.

Wira juga mengajak seluruh pelaku UMKM di Purwakarta untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Dengan kontribusi iuran bulanan yang terjangkau, kami menjamin bahwa fasilitas yang diberikan akan sebanding dengan manfaat yang didapat,” tegasnya.

Sebagai penutup, Wira berharap keberhasilan acara ini dapat menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lain dalam mendorong inklusi sosial ekonomi bagi UMKM. “Kami siap untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholders terkait demi mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat, termasuk UMKM di Purwakarta,” tutup Wira.

Acara ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat UMKM Purwakarta, tetapi juga menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan.

Diharapkan, keberhasilan Festival UMKM Naik Kelas ini akan mendorong semangat dan inovasi para pelaku UMKM untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan Purwakarta ke depannya. (DR)

Tinggalkan Balasan