LAMPUNG TENGAH – (deklarasinews.com) – Aki merupakan salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya.

Kebanyakan pengendara motor, khususnya perempuan lebih memilih untuk menyalakan mesin dengan menggunakan starter listrik saat pertama kali menyalakan mesin motor.

Agar tidak cepat soak, aki juga membutuhkan perawatan. Ada beberapa kinerja yang sebaiknya kamu lakukan terhadap sepeda motor untuk menjaga kinerja aki. Berikut adalah tips kami untuk merawat aki motor :

  1. Perhatikan Penggunaan Aksesoris
    Sebaiknnya tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan. Misalnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, atau mengubah tipe klakson motor melebihi melebihi standar pabrik. Hal-hal sederhana ini justru akan membuat aki menjadi cepat soak dan berumur pendek.
  2. Jangan Memaksa Starter Elektrik
    Starter elektrik menggunakan aki sebagai sumber dayanya. Jika fitur ini tak bisa digunakan,pemilik kendaraan sebaiknya langsung menggunakan cara manual. Hal ini dikarenakan starter elektrik yang dipaksakan membuat aki cepat soak dan membuat daya terus menurun.
  3. Panaskan Mesin Sebelum Melakukan Perjalanan
    Seiring berjalannya waktu sel-sel yang terdapat di dalam aki akan mati untuk mencegahnya kamu perlu memanaskan mesin motor setidaknya 8-10 menit sebelum perjalanan. Gunakan kick starter untuk menyalakan motor dan jangan memaksakan penggunaan starter elektrik jika motor susah dinyalakan.
  4. Pada Saat Hendak Mematikan Motor, Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp & Lampu Sign Dalam Kondisi Mati. Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar. Dengan penggunaan komponen kelistrikan motor secara bersama-sama pada saat motor dinyalakan hanya akan mengganggu kestabilan tegangan listrik pada motor Anda.
  5. Periksa Kondisi Kiprok Yang Mengalirkan Arus Listrik Menuju Aki
    Komponen ini bertugas sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.
  6. Periksa Apabila Ada Kebocoran Pada Bagian Badan Aki.
    Jika memang terjadi kebocoran, segera tukarkan aki lama Anda dengan aki baru yang dijual di bengkel-bengkel resmi Honda di sekitar Anda. Selain mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena aki mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.