Sosialisasi Hari Kusta Sedunia di Universitas Bhamada Slawi

TEGAL – (deklarasinews.com) – Hari Kusta Sedunia 2022 jatuh pada hari Minggu, 30 Januari 2022. Hari Kusta Sedunia diperingati setiap tahun pada Minggu terakhir pada Januari.

Mengutip laman WHO, tema Hari Kusta Sedunia pada tanggal 30 Januari 2022 adalah “Bersatu untuk Martabat”. Yang berarti menyerukan persatuan dalam menghormati martabat orang yang pernah mengalami kusta.

Universitas Bhamada Slawi mengadakan sosialisasi hari kusta sedunia di aula Drs. Widodo dengan sasaran mahasiswa kesehatan, Kamis (27/1).

Nara sumber dalam kegiatan tersebut dari Dinkes Kab. Tegal yaitu Bapak Bagus Johan Maulana, SKM dan Bapak Firmansah. Acara tersebut di dampingi oleh wakil rektor bidang akademik yaitu Dr. Risnanto, M.Kes dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan yaitu Siswati, SSiT.,M.Kes.

Nara sumber Bagus Johan Maulana menjelaskan tentang peran mahasiswa dalam deteksi dini kusta.  Menurut Beliau menuturkan bahwa kusta dapat disembuhkan jika diobati segera dan tuntas. Pencegahannya bisa dengan imunisasi BCG dan kenali bercak lebih dini. Tanda utama/cardinal sign kusta adalah bercak matirasa, penebalan syaraf tepi yang disertai gangguan fungsi dan BTA positif.

Beliau juga menyebutkan bahwa “situasi kondisi kusta kab tegal ada 2 kabupaten yang belum eliminasi yaitu brebes dan tegal targetnya pada tahun 2023. Angka prevalensi eliminasj adalah 1</10.000 penduduk.

Nara sumber Firmansah menjelaskan tentang stigma dan diskriminasi orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) dan difabel. Beliau menegaskan bahwa stigma negatif dan diskriminasi masih sering terjadi di lingkungannya. Kepedulian masih sebatas belas kasihan. Perlu adanya dukungan keluarga dan penerimaan sepenuhnya sebagai anggota keluarga.

Diakhir sosialisasi beliau menuliskan untuk orang dengan kusta bahwa “kami memang berbeda tetapi tidak untuk di beda-bedakan, karena perbedaan itu indah”.(mad/hms)

DIBACA - 12 KALI

Check Also

Siswi SMK 1 Kalianda Asal Candipuro Lolos Seleksi Paskibraka Nasional Mewakili Lampung

KALIANDA -(deklarasinews.com)- Shelin Tan Aprilia adalah siswi pelajar kelas X yang mengenyam pendidikan di sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.