JAKARTA -(deklarasinews.com)- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H, M.S.E, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) One Map Policy Summit 2024 atau Kebijakan Satu Peta yang diselenggarakan Kemenko Bidang Perekonomian RI di The St. Regis Jakarta, Kamis (11/7/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Dalam Rakernas tersebut, Pj Gubernur Elen Setiadi tampak hadir didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel, Regina Ariyanti.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan pelaksanaan kegiatan satu peta ini sudah berjalan selama 8 tahun dimulai sejak tahun 2016 melalui Perpres 9 tahun 2016, kemudian diperbaharui dengan Perpres 23 tahun 2021.

Menurut Airlangga kebijakan satu peta ini mencakup 4 tahapan kegiatan utama yaitu kompilasi dan integrasi yang dikoordinasikan oleh BIG. Kemudian, sinkronisasi yang dilakukan Kementerian Perekonomian serta berbagai data dan informasi geospasial yang dikoordinasikan juga oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

“Kebijakan satu peta ini telah menyelesaikan dari 151 peta tematik dari 23 Kementerian/Lembaga di 38 Provinsi,” jelas Airlangga.

Lebih jauh dikatakan Airlangga bahwa beberapa produk kebijakan satu peta saat ini sudah dimanfaatkan secara luas oleh K/L dan  Pemerintah daerah, seperti untuk perbaikan rencana tata ruang, penyusunan rencana detail tata ruang, penyusunan rencana induk pembangunan ekonomi kawasan, serta perbaikan tata kelola perizinan dan upaya penyelesaian tumpang tindih lahan.

Menko Airlangga Hartarto juga berharap, rakernas ini dapat merumuskan strategi pencapaian target, kebijakan satu peta, perkembangan implementasi, dan penyelesaian ketidaksesuaian pemanfaatan ruang, serta arah kebijakan dalam implementasi kebijakan satu peta setelah 2024.

Adapun Rakernas yang digelar selama dua hari 11-12 Juli ini memiliki tiga agenda, yaitu pertama terkait dengan kemajuan pelaksanaan kebijakan satu peta. Kedua, pelaksanaan penyelesaian ketidaksesuaian pemanfaatan ruang serta agenda ketiga, rekomendasi keberhasilan kebijakan satu peta pasca 2024.

“Beberapa rekomendasi tadi telah disampaikan dan rekomendasi tersebut akan kami sampaikan kepada Bapak Presiden,” jelas Airlangga.

Beberapa Menteri tampak turut hadir dalam Rakernas Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy Summit 2024 tersebut di antaranya Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, dan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh. Aris Marfai, dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.(Ning)

Tinggalkan Balasan