Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H di Makorem 071 Wijayakusuma: Semangat Muharam untuk Perubahan Lebih Baik

BANYUMAS – (deklarasinews.com)– Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H, Makorem 071/Wijayakusuma mengadakan acara dengan tema “Jadikan Semangat Muharam untuk Perubahan yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045” pada Selasa (9/7/2024).

Acara yang berlangsung di Masjid Wijayakusuma, Jl. Gatot Subroto Sokaraja, Banyumas, ini dihadiri oleh Danrem 071/Wijayakusuma, Kasrem, Para Kabalak Ajudam, Para Kasi, serta segenap anggota militer dan PNS dari berbagai satuan di wilayah Sokaraja.

Komandan Makorem 071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, menekankan pentingnya semangat perubahan dalam menyambut tahun baru Islam.

“Makna Tahun Baru Islam ini bukan sekadar perayaan pergantian tahun, namun lebih dari itu, ini adalah momen untuk merenungkan diri atas perbuatan dan dosa-dosa yang telah kita lakukan di tahun sebelumnya. Momen ini tepat untuk memohon maaf dan ampunan kepada Allah SWT serta berjanji menjadi pribadi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang. Jadikan semangat Muharam sebagai pemicu bagi kita semua untuk berkontribusi dalam menciptakan perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan negara, guna menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Kolonel Jamaluddin.

Ustadz Djamzam Nurjanto, selaku penceramah, menyampaikan arti kata “Hijrah” yang berarti pindah/meninggalkan. Namun, kata “Hijrah” tak hanya diartikan sebagai perpindahan tempat, melainkan juga perpindahan dari kebiasaan yang tidak baik menjadi kebiasaan yang lebih baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Acara peringatan Tahun Baru Islam ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pembacaan do’a bersama, ceramah keagamaan, serta pemaparan tentang makna tahun baru Islam dalam konteks kebangsaan.

Tahun Baru Islam atau 1 Muharam merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia sebagai awal tahun hijriyah yang penuh makna dan simbolis. Di Indonesia, perayaan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah serta semangat kebangsaan dalam meraih cita-cita bersama. (*)

Tinggalkan Balasan