Pentingnya Bearing Pada Sepeda Motor 

KOTABUMI -(deklarasinews.com)- Bearing atau laher roda merupakan salah satu komponen yang dapat menunjang kenyamanan saat mengendarai sepeda motor. Bearing roda motor memiliki kerja yang berat, beban yang diangkut motor dan medan jalan yang dilalui juga mempengaruhi masa pakainya.

Bearing roda motor yang rusak, tentunya dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Gejala rusaknya bearing motor adalah timbulnya goyang atau sering disebut oblak di bagian roda sepeda motor dan biasanya ini baru gejala awalnya saja. Selanjutnya, celah yang makin besar membuat bearing tak presisi berada di tempatnya dan menyebabkan ban bisa berputar tidak pada porosnya.

Selain pengendalian motor jadi tak enak, ada komponen lain yang terancam rusak jika kondisi ini

Jika kemudi sepeda motor terasa oleng atau pengendalian kemudi dirasa tidak stabil disarankan untuk melakukan servis di AHASS terdekat agar dapat di periksa oleh teknisi Honda berpengalaman. apabila diketahui penyebabnya berhubungan dengan bearing, maka beberapa hal yang akan dilakukan pengecekan diantaranya yaitu

Periksa Karet Tutup Pelindung

Kondisi bearing akan diperiksa oleh teknisi dan dapat dilakukan penindakan apabila kondisi sudah kurang baik karena apabila karet tutup pelindung mulai getas atau rusak, bearing berpotensi kemasukan debu dan air. Debu yang masuk bisa mengganggu pergerakan bola baja dan air berpotensi membuat komponen cepat berkarat.

Penggantian Bearing Yang Rusak

Jika bearing harus diganti, maka gunakanlah Honda Genuine Part yang kualitasnya sudah teruji. Disamping ini merupakan ilustrasi low friction bearing Honda Genuine Parts dengan dengan material cage yang terbuat dari polyamide berkualitas tinggi (bukan metal) sehingga tingkat gesekan rendah, putaran menjadi lancar dan hemat energi.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kesalahan pemasangan saat melakukan penggantian bearing sendiri. Karena jika terjadi kesalahan pemasangan akan membuat kondisi motor jadi makin parah dan biaya yang dikeluarkan tentu jadi lebih besar.

Jadi jangan ragu untuk memercayakan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan kepada  mekanik andal dan berpengalaman di bengkel AHASS CV Jaya Sakti Motor Kotabumi agar motor selalu dalam kondisi prima.

 

Tinggalkan Balasan