ASAHAN-(deklarasinews.com)- Pemkab Asahan melaksanakn kegitaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Asahan Tahun 2019 Klaster III yang diikuti beberapa Kecamatan yaitu Silau Laut, Air Joman, Rawang Panca Arga, Meranti, Pulau Bandring, Buntu Pane, Setia Janji, Tinggi Raja dan Bandar pasir Mandoge.

Bertempat di gedung balai karyawan PTPN III Desa Perkebunan Sei Silau Kecamatan Buntu Pane, Kamis (17/10/2019).

Dalam laporannya, Ketua Panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Agus Syamsuddin, dengan bursa inovasi desa ini, diharapkan desa mampu memacu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

Menggunakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai peningkatan produksifitas dan kesejahteraan masyarakat, imbuh Agus.

Kemudian Camat Buntu Pane, Erric Yudhistira Nugraha dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada pihak penyelenggara, atas dipercayanya Kecamatan Buntu Pane sebagai tuan rumah ataupun tempat penyelenggaraan kegiatan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019,tuturnya.

Selanjutnya, penyerahan sertifikat Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Asahan Tahun 2019 kepada panitia Bursa Inovasi Desa Klaster III Kabupaten Asahan,”

Sementara itu, Pidato Bupati Asahan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar SSos, MSi menjelaskan, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawa cita dalam RPJMN 2015-2019.

Program Inovasi Desa yang dimaksudkan untuk meningkatkan pembangunan di desa, Program Inovasi Desa adalah program kementrian, desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi yang harus disebarluaskan melalui program ini, kita fokus pada pengembangan dan peningkatan Inovasi Desa diseluruh desa se Kabupaten Asahan, jelas Taufik.

Taufik Zainal Abidin Siregar, menegaskan harapannya, dengan BID ini setiap desa yang ada di Kabupaten Asahan dapat mengembangkan potensi desanya, dengan cara memberdayakan masyarakat desa menggunakan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat.

Sehingga penggunaan Dana, Desa ini dapat digunakan dengan baik dan tepat sasaran,” ujar Taufik.

Pada kesempatan ini juga, Taufik didampingi oleh Unsur Forkopimcam Kecamatan Buntu Pane dan Panitia Penyelenggara BID Kabupaten Asahan tahun 2019 memukul gong menandakan BID Tahun 2019 resmi dibuka.

Diakhir kegiatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan meninjau langsung stand BID Kabupaten Asahan Tahun 2019.

Acara tersebut turut dihadiri oleh, Sekda Kabupaten Asahan, perwakilan Distrik Maneger Asahan, Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan, unsur Forkopimcam Kecamatan Buntu Pane, Camat yang tergabung dalam Klaster III, Ketua TP PKK kabupaten Asahan, seluruh Kepala Desa Klaster III dan tamu undangan,(N Daulay)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.