Latih Wawasan Kepemimpinan Tendik, Unila Gaungkan Tagline “Be Strong!”

BANDAR LAMPUNG -(deklarasinews.com)-  Lampung (Unila) yang kini di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E,A., I.P.M., memiliki komitmen dalam peningkatan tata kelola organisasi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Komitmen ini telah menjadi salah satu target yang tertuang pada Program Kerja 100 Hari Prof. Lusmeilia untuk Penguatan Bidang Non Akademik.

Dalam rangka mengimplementasikan komitmen tersebut, Unila memberikan pelatihan kepada 100 Tendiknya melalui kegiatan bertajuk “Pelatihan Kepemimpinan: Internalisasi Core Values BerAkhlak yang berintegritas dalam membentuk jiwa kepemimpinan”.

Kegiatan diselenggarakan pada Selasa, 21 Maret 2023 di Randu Hills Clift – Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung.

Pelatihan kepemimpinan menjadi permulaan Program 100 Hari Kerja Rektor Unila dilaksanakan dengan slogan “Be Strong!”. Kegiatan peningkatan wawasan kepemimpinan ini fokus pada internalisasi Core Values BerAkhlak yang berintegritas dan pencegahan tindak korupsi.

Narasumber pada kegiatan ini diantaranya Prof. Lusmeilia selaku Rektor Unila, Yuni Daru Winarsih, S.H., M.Hum., Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Provinsi Lampung dan Bambang Irawan, M.Pd., Widya Prada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung.

Materi disampaikan dalam empat sesi, yaitu sesi pertama pemaparan tentang tagline “Be strong!” dan Program 100 Hari Kerja Rektor oleh Prof. Lusmeilia, sesi selanjutnya materi Pencegahan Tindak Korupsi dalam Birokrasi Aparatur Sipil Negara oleh Wakajati Provinsi Lampung , sesi ketiga tentang Pengenalan dan Implementasi Core Values BerAkhlak Aparatur Sipil Negara oleh Widya Prada BPMP Provinsi Lampung dan sesi terakhir tentang Pelayanan Prima.

Prof. Lusmeilia, atau yang akrab dipanggil Prof. Lusi, mengatakan, setiap orang perlu mendapatkan support bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Sebagai seseorang yang concern pada kebutuhan peningkatan kapasitas dan pendidikan Tendik Unila, Prof. Lusi berharap pelatihan ini akan membuat peserta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan mampu berkembang mencapai posisi yang lebih tinggi.

Tagline “Be Strong!” yang ia usung memiliki makna bahwa Unila harus lebih kuat dan lebih unggul dari seluruh universitas yang ada di Lampung maupun Sumatera. Dengan konteks tersebut maka Pelatihan Kepemimpinan menjadi salah satu penguatan Unila yang saat ini disampaikan sudah mulai kembali pada marwahnya.

Hal ini dibuktikan dengan minat siswa mendaftar pada jalur prestasi tahun ini telah meningkat 4000 pendaftar atau 18% dari tahun sebelumnya. Data tersebut menggambarkan bahwa Unila telah berhasil melewati masa-masa sulit dan kembali diminati oleh masyarakat.

“Itu sebabnya, Bapak dan Ibu yang akan melayani semua kegiatan baik akademik maupun non akademik harus mempunyai sikap bangga dan sikap kepemimpinan yang baik untuk melayani mahasiswa baru dan mahasiswa yang ada di Universitas Lampung ini,” ujarnya.

Pelatihan Kepemimpinan: Internalisasi Core Values BerAkhlak yang berintegritas dalam membentuk jiwa kepemimpinan diikuti oleh para koordinator bagian, sub koordinator, perwakilan tendik di unit fakultas, biro, lembaga dan UPT.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan TIK (PKTIK) Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A, dan seluruh Kepala Biro di lingkungan kampus.

Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) Unila Ida Ropaida, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih atas dukungan Rektor Unila beserta jajaran terhadap kegiatan-kegiatan untuk tendik, salah satunya capacity building. (Red)

Tinggalkan Balasan