Fungsi Kotak Hitam di CVT BeAT, Scoopy, hingga PCX 160 yang Jarang Diketahui

NATAR – (deklarasinews.com)– Masih banyak yang belum tahu fungsi kotak hitam di CVT motor matik Honda. Letaknya berada di bawah sokbreker dan di atas rem tromol belakang. Kotak ini biasanya ada di motor matik Honda seperti BeAT series, Genio, Scoopy, Vario 160, hingga PCX 160. Kepala mekanik Ahass Astra Motor Natar, Mulyadi, menjelaskan fungsinya.

Menurut Mulyadi, kotak hitam tersebut berisi sensor kecepatan atau speed sensor. “Kotak tersebut berfungsi untuk melindungi sensor yang membaca kecepatan motor,” kata Mulyadi. “Sensor tersebut juga merupakan komponen wajib untuk syarat berfungsinya fitur Idling Stop System atau ISS,” tambahnya.

Mengapa posisinya ada di belakang? Ternyata, speed sensor ini membaca kecepatan dari gigi transmisi. Letak gigi transmisi tersebut memang berada di belakang boks CVT, dekat dengan roda belakang. Selain tugas menghidupkan fitur ISS, speed sensor ini juga berfungsi untuk mengukur kecepatan motor matik Honda. Informasi kecepatan motor akan disampaikan ke pengendara lewat speedometer yang ada di panel instrumen. Inilah alasan mengapa motor matik Honda keluaran terbaru tidak memiliki kabel speedometer yang terhubung ke roda depan.

Hubungi kami di 0721 92661 atau 081271830826. (*)

Tinggalkan Balasan