Bupati Nias Buka Pelaksanaan Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Somolo-molo

NIAS – (deklarasinews.com)– Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si, membuka secara resmi pelaksanaan Stunting, tingkat kecamatan Somolo-molo, Kabupaten Nias, di Gedung GSJA Huno Kecamatan Somolo-molo, Selasa (02/07/2024).

Dalam arahannya Bupati Nias mengatakan bahwa, masalah stunting sangat penting dan harus ada reaksi atau tindak lanjutnya melalui beberapa aksi tentunya menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan karena stunting merupakan masalah yang sangat serius.

“Stunting adalah masalah masa depan Kabupaten Nias. Bila terjadinya kurang gizi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak atau umur 2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan) maka dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan pada anak (pertumbuhan fisik dan otak). Artinya, kita bisa membayangkan kehidupan mereka 20 tahun ke depan. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk serius dalam menangani masalah ini” Tegasnya.

Ia juga menghimbau agar seluruh Tenaga Medis, Bidan Desa dan Kader Posyandu di Kecamatan Somolo-molo untuk bekerja sesuai fungsi-fungsi pelayanan kesehatan serta berperan aktif dalam pelayanan kepada masyarakat terutama dalam mensosialisasikan peningkatan kesadaran pemenuhan gizi terhadap anak, merubah pola asuh serta melakukan berbagai langkah yang dirasa perlu guna mewujudkan generasi baru yang sehat, cerdas dan berkualitas baik dari segi fisik maupun ujar Yaatulo.

Bupati Nias berharap agar bekerjasama untuk menjaga lingkungan yang sehat termasuk dalam hal membuang sampah agar tidak sembarangan.

Sebelumnya,Camat Somolo-molo Abadi D.M. Halawa, S.H. menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mendeklarasikan komitmen Pemerintah Kabupaten Nias bersama Masyarakat terkait Intervensi Stunting serta Merumuskan Intervensi Gizi Spesifik untuk mengatasi penyebab stunting.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulo mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Somolo-molo.

“Selamat atas terlaksananya kegiatan penanganan stunting di Wilayah Kecamatan Somolo-molo, semoga pada acara hari ini kita mendapatkan data yang riil terkait Stunting. Saya berharap melalui kegiatan ini kita mampu menurunkan angka Stunting di Kecamatan Somolo-molo secara khusus dan di Kabupaten Nias pada umumnya,” harap Sabayuti Gulo.

Hadir pada kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Unsur Forkopimka Kecamatan Somolo-molo, Ibu Pendeta Jemaat GSJA Huno Kecamatan Somolo-molo, Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Somolo-molo, Kepala UPTD Puskesmas Somolo-molo, Bidan Desa se-Kecamatan Somolo-molo, Kepala Desa se-Kecamatan Somolo-molo beserta Jajarannya, Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Somolo-molo, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama se-Kecamatan Somolo-molo, Kader KB, Kader Posyandu se-Kecamatan Somolo-molo, sumber niaskab.go.id. (Toro Harefa)

 

 

Tinggalkan Balasan