Titik Kuning di Dinding Ban Motor Berpengaruh pada Keseimbangan

NATAR – (deklarasinews.com)– Masih sedikit yang paham mengenai fungsi titik kuning pada dinding ban motor. Biasanya, tanda ini hanya terlihat jelas pada ban motor yang kondisinya masih baru. Titik kuning tersebut bukan hanya hiasan, tetapi memiliki peran penting terutama saat pemasangan ban.

“Tanda titik kuning tersebut menunjukkan bagian paling ringan pada ban motor, sebaiknya dipasang sejajar dengan posisi valve atau pentil di ban motor,” terang Mulyadi, Kepala Bengkel Ahass Astra Motor Natar.

Pada saat ban dipasang, bagian ban yang ditandai dengan titik kuning sebaiknya dipasang tepat pada bagian valve atau pentil ban. Tanda tersebut memudahkan dan memaksimalkan keseimbangan ban saat terpasang di pelek motor.

“Karena bagian roda yang terdapat pentil ban adalah titik paling berat, idealnya dipasang sejajar dengan titik paling ringan pada ban,” tambah Mulyadi. Tanda kuning ini tidak hanya ada pada ban tubeless, tetapi juga pada ban biasa. Jadi, bagi yang berniat membeli ban baru, perhatikan proses pemasangan ban. Sebaiknya, minta titik kuning pada dinding ban dipasang tepat pada bagian pentil ban motor. Dengan begitu, ban motor bisa lebih stabil ketika digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 0721 92661 atau 081271830826. (*)

 

Tinggalkan Balasan