Tingkat Kepuasan Masyarakat Lampung Terhadap Kinerja Polda Lampung Mencapai 88,7 Persen

LAMSEL -(deklarasinews.com)- Kinerja Polda Lampung patut mendapat apresiasi karena berhasil memuaskan masyarakat. Hal ini terlihat dari survei yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polda Lampung mencapai 88,7 persen.

Survei ini dilakukan oleh Disway Research and Development Jakarta bekerja sama dengan Litbang Radar Lampung Media Group (RLMG) selama satu pekan, mulai 22 hingga 29 Juni 2024. Survei melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Lampung.

Pemilihan responden dilakukan secara proporsional berdasarkan jumlah penduduk di atas usia 17 tahun, mengacu pada data pemilih Pilpres 2024 yang dirilis oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Responden dipilih secara acak melalui wawancara tatap muka, dengan tingkat kepercayaan survei mencapai 90 persen dan margin of error sebesar 3 persen. Pertanyaan disampaikan menggunakan sistem tertutup, di mana responden tinggal memilih jawaban yang disediakan: sangat puas, puas, atau kurang puas.

Data responden mencakup domisili, jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pekerjaan. Komposisi responden terdiri dari 57 persen pria dan 43 persen wanita, dengan rentang usia 17 hingga 56 tahun ke atas. Pendidikan responden mulai dari SD hingga perguruan tinggi, dan pekerjaan meliputi PNS, pegawai swasta, wiraswasta, hingga pengangguran.

Pada pertanyaan pertama, sebanyak 887 responden atau 88,70 persen menyatakan puas atas kinerja Polda Lampung, termasuk 73 responden yang menyatakan sangat puas. Survei ini menggabungkan pendapat sangat puas dan puas dalam satu kelompok untuk mempermudah analisis.

Direktur Eksekutif Disway Research and Development Jakarta, Romy J. Utama, menjelaskan bahwa survei ini bertujuan untuk memperdalam hasil survei yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga survei nasional. Sebagai perbandingan, survei Litbang Kompas menunjukkan 87,8 persen masyarakat puas dengan kinerja Polri dengan margin of error 8,33 persen dan tingkat kepercayaan di atas 90 persen.

Jumlah responden sebanyak 1.000 dalam survei ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail tentang tingkat kepuasan masyarakat khususnya terhadap kinerja Polda Lampung. Menurut Romy, hasil survei ini dapat dipertanggungjawabkan secara metodologis.

Direktur Radar Lampung Media Grup (RLMG) Research and Development, Abdul Karim, S.Pd., M.Pd., menyatakan bahwa jaringan RLMG yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung memungkinkan pengambilan pendapat 1.000 responden dilakukan dengan cepat. Data yang dikumpulkan menunjukkan tingginya tingkat kepuasan masyarakat di Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Selatan, masing-masing mencapai 91,66 persen.

Tingkat kepuasan terendah ditemukan di Kabupaten Waykanan, yakni 84,00 persen, dengan tujuh kabupaten lainnya juga memiliki tingkat kepuasan di bawah rata-rata.

Survei ini juga melihat pendapat masyarakat atas kinerja Polda Lampung dalam berbagai bidang, seperti penanganan narkoba, pencurian dengan kekerasan, lalu lintas, korupsi, pembuatan SIM, gang motor/kenakalan remaja, dan kepuasan terhadap keberadaan call center. Pendapat masyarakat atas kinerja Polres masing-masing dan Bhabinkamtibmas juga turut diperhatikan.

“Hasil survei ini memberikan kontribusi signifikan terhadap tingginya tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja jajaran Polda Lampung yang mencapai 88,7 persen. Hasil lengkap survei ini akan kami rilis kemudian,” tutup Abdul Karim.(Red)

Tinggalkan Balasan