LAMPURA –(deklarasinews. com)– Seni budaya adalah merupakan warisan leluhur yang patut di lestarikan di setiap lingkungan masyarakat. Sebagai bentuk perwujudan rasa syukur dan ucapan terimakasih kita kepada para leluhur.

Salah satu seni budaya Sunda yang tumbuh dan berkembang di Lampung Utara adalah seni budaya Macan Depok Sekar Wangi di bawah asuhan Abah Suharya.

Abah Suharya menyampaikan Seni budaya Macan Depok ini dapat di jadikan sebagai ajang seni budaya yang dapat di jadi kan hiburan di dalam acara perayaan negara dan pada acara khitanan, pernikahan selain di dalam nya terdapat juga olah kanuragan Seni pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lampung Utara.

Padepokan Sekar wangi beralamat  di dusun 1 desa Sukamenanti kecamatan Bukit Kemuning kabupaten Lampung Utara. Satu-satunya padepokan yang melestarikan seni budaya Macan Depok yang setiap tahun nya turut tampl di karnafal pasai budaya pada kegiatan upacara hari kemerdekaan atau bahkan pada kegiatan ulang tahun Lampung Utara,”Ujar abah Suharya.

Namun untuk pertumbuhan dan berkembang nya Seni budaya ini sangat di butuhkan dukungan semua pihak terutama badan Kesbangpol, atau pun pihak terkait mengingat dalam hal ini sangat banyak yang di butuh kan,”Tutup abah Suharya. (Zainal)

Tinggalkan Balasan