Rapat Paripurna Ke -17 MP. III Penyampaian Raperda Kota Palembang Tentang APBD Tahun Anggaran 2022

PALEMBANG -(deklarasinews.com)- Walikota Palembang H.Harnojoyo Menyampaikan RAPERDA Kota Palembang dalam Rapat Paripurna Ke – 17 Masa Persidangan (MP) III tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Kota Palembang, Senin (1/11/21).

Hadir dalam Rapat Paripurna hari ini Walikota Palembang H. Harnojoyo, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, Wakil-wakil Ketua DPRD, Anggota DPRD Kota Palembang baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual, Sekda Kota Palembang, Kodim 0418 Palembang, Polrestabes Palembang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD, Kepala Badan, BUMN, BUMD, Camat, Lurah serta undangan lainnya.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Ir.Sri Wahyuni dari Fraksi Gerindra, acara rapat paripurna diawali dengan pembacaan doa oleh H.Nazwar, S.Ag., M.Si dari kantor Kementerian Agama kota Palembang.

Pimpinan Sidang paripurna menyampaikan keseluruhan peserta rapat yang hadir sebanyak 31 orang anggota DPRD Kota Palembang baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual, jadi rapat hari ini sudah quorum.

Mengawali sambutannya saat pembukaan sidang paripurna Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Ir.Sri Wahyuni menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada pemerintah kota Palembang atas diraihnya penghargaan kepada Walikota Palembang yang pertama atas diraihnya Anugrah Farahita Ekapraya (AFE) atas perannya mewujudkan keadilan melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG), yang kedua penghargaan apresiasi pembinaan proklim tingkat Kota/kabupaten dari Gubernur Sumatera Selatan, dan yang ketiga penghargaan  penerimaan piagam apresiasi pembinaan proklim dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia, keempat penghargaan kepada pemerintah kota Palembang atas keberhasilan nya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2020 dengan capaian WTP minimal sepuluh kali berturut-turut untuk laporan keuangan pemerintah daerah dari tahun 2011 s/d tahun 2020.

Walikota Palembang H. Harnojoyo dalam penyampaian Nota Keuangan dan RAPERDA Kota Palembang tentang APBD Tahun Anggaran 2022 atas nama pemerintah kota Palembang walikota mengucapkan terimakasih kepada para anggota badan anggaran DPRD kota Palembang atas berbagai saran yang diberikan sehingga kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara APBD tahun 2022 dapat disepakati bersama.

Tujuan penyampaian rancangan tentang APBD tahun 2022 ini agar anggota dewan yang terhormat dapat membahas lebih rinci dan akhirnya dapat mencapai suatu persetujuan bersama sebagai upaya kita dalam rangka membangun kota Palembang dan mendukung tujuan pembangunan nasional, tutur Walikota.

Sebagaimana diketahui bersama dalam menyusun rencana kerja anggaran, SKPD telah memperhatikan sinkronisasi keterpaduan kegiatan dan sub kegiatan dalam satu SKPD atau antar SKPD sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada masing-masing SKPD, dengan demikian diharapkan agar laporan yang disusun merupakan gambaran sinergi antara aspirasi masyarakatmasyarakat,  LKPD dan program prioritas pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sumatera selatan dalam rangka mendukung agenda pembangunan nasional tahun 2022 dengan tema “pemulihan ekonomi dan reformasi struktural” serta tema pembangunan daerah kota Palembang tahun 2020 yaitu ” Percepatan pembangunan yang menyeluruh dan berkelanjutan di bidang pelayanan publik, pendukung investasi, perijinan investasi, perdagangan, pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif. Ungkap Harno.

Ditengah hubungan situasi perekonomian dan sosialpasca pandemi Covid-19 rancangan APBD kota Palembang tahun 2022 harus tetap disusun secara  realistis, kredibel, berdaya tahan dan berkelanjutan untuk menjaga stabilitas perekonomian dan kepercayaan dunia usaha sebagai kerangka kebijakan publik yang membuat hak dan kewajiban pemerintah dan masyarakat yang tercermin dalam rencana pendapatan, belanja dan pembiayaan dengan memperhitungkan seluruh dinamika dan tantangan yang dihadapi, maka bersama ini perkenankan kami memberikan gambaran umum RAPERDA Kota Palembang tahun 2022 sebagai berikut ; anggaran pendapatan daerah yang dituangkan dalam RAPBD tahun 2022 merupakan perkiraan yang terukur, rasional dan memiliki landasan hukum dari penerimaannya.

RAPBD Kota Palembang tahun 2022 diperkirakan sebesar 3.808 Triliun, seiring dengan melandai nya pandemi Covid-19 kita berharap masyarakat di kota Palembang dapat kembali normal dan PAD dapat kembali ditingkatkan. RAPBD TA. 2022 selain tetap memprioritaskan standar pelayanan minimal.

Demikian pengantar nota keuangan tentang APBD kota Palembang Tahun Anggaran 2022, kami menyadari bahwa RAPBD ini masih terdapat kekurangan karena belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan, namun pemerintah kota Palembang dengan memperhatikan strategi dan prioritas terus berupaya agar program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat hasil yang maksimal dengan tujuan yang diharapkan dapat tercapaitercapai,  pungkasnya. (Adv)

DIBACA - 9 KALI

Check Also

Pembahasan RPT Dan Reklame Pansus 7 DPRD Kabupaten Blitar Targetkan Selesai Akhir Tahun

BLITAR -(deklarasinews.com)- Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan atas Perda no. 4 tahun 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *