Porkab Way Kanan 2021, Gubernur Arinal Dorong Lahirkan Atlet-atlet Berprestasi untuk Wakili Lampung di Tingkat Nasional dan Internasional

WAY KANAN – (deklarasinews.com) –  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong diselenggarakannya Pekan Olahraga Kabupaten  (Porkab) Way Kanan dan Festival Olahraga Tradisional Provinsi Lampung, dapat melahirkan atlet berprestasi untuk mewakili Lampung dalam ajang olahraga nasional dan internasional.

Harapan Gubernur itu disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Syaiful Darmawan saat membuka Porkab dan Festival Olahraga Tradisional Provinsi Lampung di Lapangan Korpri Pemkab Way Kanan, Senin (20/12/2021).

Dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Syaiful Darmawan, menyampaikan dukungan dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini sebagai wahana untuk meningkatkan tali silaturahim sekaligus momentum untuk membudayakan kebiasaan berolahraga di tengah masyarakat.

“Insya Allah melalui kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet dalam berbagai cabang olah raga yang berkualitas dan berkompetensi di Kabupaten Way Kanan khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya,” jelas Syaiful Darmawan.

Syaiful Darmawan melanjutkan, bahwa berdasarkan Undang Undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, mewajibkan setiap penyelenggaraan kejuaraan olahraga memperhatikan tujuan keolahragaan serta prinsip-prinsip penyelenggaraan olahraga.

“Pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan pembinaan atlet muda yang berprestasi, sehingga kelak Provinsi Lampung dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mewakili Provinsi Lampung di tingkat Nasional maupun Internasional,” jelasnya.

Salah satu program peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah pembinaan dan pengembangan olahraga yang merupakan bagian integral pembangunan nasional. Pembangunan olahraga memiliki peranan yang sangat strategis bagi peningkatan prestasi olahraga di Provinsi Lampung dalam kancah nasional.

“Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 yang dilaksanakan ini merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan pengembangan prestasi olahraga.

Oleh karena itu, Saya berharap kepada peserta Pekan Olahraga untuk dapat menunjukkan kemampuan terbaik, junjung tinggi sportivitas dan fair play, selama mengikuti pertandingan ini,” jelas Syaiful.

Festival ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali minat masyarakat, untuk berolahraga tradisional, yang saat ini sudah mulai ditinggalkan. “Dengan adanya Festival ini, diharapkan masyarakat dan generasi muda dapat kembali mencintai olahraga tradisonal,” tambah Syaiful.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, menyampaikan bahwa ajang Porkab dan Festival Olahraga Tradisional dapat menjadi salah satu upaya bersama untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Way Kanan.

Dimana potensi yang dimaksud adalah agar potensi atlet di Kabupaten Way Kanan bisa terus dikembangkan menjadi atlet-atlet profesional dan mengharumkan nama Kabupaten Way Kanan. “Saya berharap KONI Way Kanan, melalui UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, dapat terus mendorong masyarakat untuk mencintai dan gemar berolahraga, karena membangun prestasi olahraga tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi harus ditata secara sistematis dan terus menerus, sehingga kemampuan atlet kita dapat diperhitungkan baik di Tingkat Daerah maupun Nasional.

Untuk itu, KONI satu-satunya organisasi yang berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan, serta mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga, sudah  saatnya maelakukan terobosan dan berinovasi agar prestasi cabang olahraga di Kabupaten Way Kanan semakin meningkat dan dapat bersaing baik di kancah regional, nasional maupun internasional”, ujar Bupati Adipati.

Lebih dari itu, Bupati Adipati mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada Gubernur Lampung dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Lampung yang telah mempercayakan, mendukung dan mensuport terselenggaranya Festival Olahraga Tradisional Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan, ini merupakan kebanggaan bagi kami masyarakat Way Kanan, karena dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Festival Olahraga Taradisional Tingkat Provinsi ini.

Adapun tujuan digelar PORKAB dan Festival Olahraga Tradisional yaitu untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara komponen masyarakat dan generas muda.

Sehingga diharapkan baik para atlet maupun semua pihak dapat menunjukkan sportivitass dan kemampuan semaksimal mungkin, bermain secara fair play, serta menjadikan ajang tersebut sebagai wahana untuk menunjukkan prestasi terbaik dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kekeluargaan.

Dalam kesempatan itu turut hadir, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Way Kanan, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung, Desca Tama Moeda. Serta jajaran OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan. (Adpim)

DIBACA - 9 KALI

Check Also

Alfascadieno Akbar Fatoni dan Gita Parahiya Putri Baharu Terpilih Perwakilan Pengukuhan Praja Pratama IPDN Angkatan 33 Tahun 2022

JATINANGOR -(deklarasinews.com)- Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Wakil Menteri Dalam Negeri RI, Jhon Wempi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.