BANDARLAMPUNG –(deklarasinews.com)- Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menyambut 18 mahasiswa dari 9 perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan program pertukaran mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama satu semester, melalui pertemuan ruang zoom pada Jumat (10/9/2021).

Mereka berasal dari Universitas Galuh, Universitas Jember, Universitas Kuningan, Universitas Merdeka Malang, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Selain itu, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammdiyah Jember, dan Universitas Negeri Semarang.

Penyambutan ke-18 mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi di Pulau Jawa itu  sekaligus melepas 22 mahasiswa IIB Darmajaya untuk menjalani program pertukaran mahasiswa ke-12 perguruan tinggi di Pulau Jawa.

PIC Program Pertukaran Mahasiswa MBKM IIB Darmajaya, Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., menjelaskan terdapat 18 mahasiswa yang mengikuti pertukaran mahasiswa ke IIB Darmajaya. Selain itu, 22 mahasiswa Kampus Biru ini mengikuti program serupa ke-12 perguruan tinggi di Pulau Jawa. “Berdasarkan data terakhir terdapat empat mahasiswa yang tidak jadi mengikuti program pertukaran MBKM ke IIB Darmajaya karena sesuatu dan lain hal,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., mengucapkan selamat datang di kampus biru. “Pertukaran mahasiswa kampus merdeka ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kini diminati oleh mahasiswa se Indonesia dalam meningkatkan wawasan keilmuan dari perguruan tinggi lain di Indonesia,” ungkapnya.

RZ Abdul Aziz juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa yang akan menjalani pertukaran mahasiswa ke kampus lain untuk menjaga nama baik almamater. Dia pun menitipkan mahasiswa IIB Darmajaya untuk mendapatkan pembelajaran dengan baik.

“Dan, saya meminta asuh mereka seperti anak-anak sendiri. Kami juga akan mengasuh mahasiswa yang dititipkan kepada kami dan jangan sungkan untuk menyampaikan pembelajaran kepada pihak IIB Darmajaya ketika program pertukaran mahasiswa ini berjalan,” tuturnya.

Salah satu perwakilan dari Unversitas Muhammadiyah Jember, Astrid Widyaruli Anggraeni menyampaikan bahwa penyambutan ini sangat baik. “Semoga kegiatan pertukaran mahasiswa ini berjalan dengan baik dari awal hingga akhir,” ungkapnya.

Mahasiswa, lanjut dia, mendapatkan ilmu serta pembelajaran lainnya dengan kultur yang berbeda. “Kami tahu Lampung sangat indah dari pariwisatanya dan ingin juga dapat berkunjung ke sana,” kata dia.

Sementara, salah satu perwakilan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Magelang, Lany Christanty mengatakan kegiatan ini merupakan program yang baik dan dapat memberikan dampak lingkungan, individu ataupun kelompok.

“Saya berharap program pertukaran MBKM ini dapat memberikan nilai-nilai yang lebih sebagai warganegara. Karena dengan pertukaran mahasiswa ini juga menambah pergaulan dan pertemanan,” ucapnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.