Lebaran Nyaman dengan Aplikasi PLN Mobile, Urusan Listrik Sudah dalam Genggaman

BANDAR LAMPUNG -(deklarasinews.com)- Lebaran Idul Fitri 1443 H tinggal beberapa hari lagi. Aura lebaran lebih terasa disaat mayoritas masyarakat telah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman sesuai dengan cuti bersama yang ditetapkan Pemerintah pada 29 April dan 4 – 6 Mei 2022.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Elok Faiqoh Saptining Ratri, mengungkapkan beberapa hal yang harus disiapkan para pemudik sebelum pergi berlebaran ke kampung halaman. Salah satunya adalah dengan menjaga keamanan listriknya di rumah.

“Tahun ini menjadi kesempatan besar bagi masyarakat untuk melakukan tradisi mudik, kembali bersilaturahim bersama keluarga besar di hari Raya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik tetap dalam kondisi nyaman, tidak khawatir meninggalkan rumah ,” ujar Elok.

Pertama, Pastikan telah mengisi token listrik untuk pelanggan prabayar, dan membayar tagihan untuk pelanggan pascabayar.

“Pengisian token dan pembayaran tagihan listrik dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Jika kita sudah melakukan langkah pertama ini, maka kita akan lebih nyaman dan tenang dalam perjalanan mudik,” tuturnya.

Selanjutnya, matikan aliran listrik dari alat-alat elektronik yang ada di dalam rumah, seperti AC, TV, Kompor Listrik, dll. Bukan hanya dalam kondisi off/standby, lebih baik dicabut dari saklar listrik, sehingga benar-benar tidak ada listrik mengalir ke peralatan elektronik yang tidak terpakai.

“Langkah tersebut dilakukan selain untuk memastikan dalam kondisi aman, juga memastikan tidak adanya pemakaian listrik berlebih saat rumah kita kosong,” terang Elok.

Ketiga, lakukan pengecekan instalasi listrik, untuk memastikan dalam kondisi aman. Pada aplikasi PLN Mobile, masyarakat dapat menggunakan menu ListriQu dalam melakukan pengecekan instalasi listrik secara resmi.

“Cek seluruh instalasi listrik dirumah anda dan peralatan elektronik sudah dicabut dari sumber listrik, sehingga benar-benar dalam kondisi aman. Ini berguna untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran akibat arus pendek (korsleting) atau hal lain yang tidak diinginkan selama rumah kosong,” tambahnya.

Terakhir, pastikan sudah Install aplikasi PLN Mobile dalam gawai. Menurut Elok, aplikasi PLN Mobile adalah aplikasi pelayanan dari PLN yang sangat memudahkan pelanggan pada saat sebelum dan saat melakukan perjalanan.

Selain untuk pembelian token listrik atau membayar tagihan listrik, di dalam aplikasi PLN Mobile juga terdapat fitur _Electric Vehicle_. Sehingga jika pelanggan PLN yang mudik dengan menggunakan kendaraan listrik atau _electric vehicle_, pelanggan dapat mengecek lokasi charging station atau SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) melalui aplikasi PLN Mobile.

“Lokasi-lokasi SPKLU tersebut bisa di cek pada Aplikasi PLN Mobile melalui fitur _Electric Vehicle_ sehingga dapat memudahkan dan memberikan rasa nyaman para pengguna EV yang ingin melakukan perjalanan jauh,” pungkasnya.(humas)

 

DIBACA - 6 KALI

Check Also

Perkuat Distribusi, CCEP Indonesia Gunakan Corporate Billing Management BRI

JAKARTA -(deklarasinews.com)– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya mempermudah transaksi pembayaran distributor dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.