Selasa , Oktober 22 2019
Home / Ekonomi / Kolaborasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Padang Cleanup Day 2019

Kolaborasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Padang Cleanup Day 2019

PADANG-(deklarasinews.com)- Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) bersama dengan Sea Turtle Camp Pantai Pasir Jambak, Politeknik Negeri Padang, CSR Forum Kesos Sumbar, HIPMI BPC Padang dan Komunitas Lasuang mengadakan Padang Cleanup Day 2019 di sekitar Pantai Muaro Anai Pasir Jambak dan melibatkan lebih dari 250 peserta (14/9/2019).

Kegiatan Padang Cleanup Day dimulai pukul 09.00 dengan diskusi lingkungan bersama Pati Haryose, Inisiator Konservasi Sea Turtle Camp Pasir Jambak dan Nova Dilastri SE, MM selaku Dosen Politeknik Negeri Padang.

Pati Haryose dalam diskusi kali ini menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi dalam mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kembali sampah plastik dalam mencegah sampah-sampah tersebut bermuara ke laut dan merusak ekosistem yang ada di dalamnya.

Beliau jugamenyatakan bahwa melalui pelatihan Eco Brick yang mengajarkan proses pembuatan barang- barang yang dapat digunakan sehari-hari atau dijual kembali dari sampah-sampah plastik maka setiap orang dapat menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Dalam kesempatan yang sama Nova Dilastri. SE, MM menyampaikan pentingnya membangun kesadaran dan pola pikir masyarakat untuk mengolah sampah plastik dengan lebih bijaksana. Melalui kegiatan seperti hari ini, masyarakat diajarkan tentang pentingnya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga lingkungan dan bahwa sampah plastik juga bisa menjadi materi yang memberikan nilai ekonomi. Setelah kegiatan diskusi acara kemudian dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon cemara dan bersih-bersih pantai.

Yayan Sopian, Corporate Affairs Regional Manager Amatil Indonesia yang hadir sebagai moderator dalam kegiatan diskusi menyampaikan apresiasinya terhadap semua ide dan inisiatif yang disampaikan oleh tiap peserta dalam rangka mendorong lingkungan yang lebih bersih.

“Isu tentang sampah merupakan suatu masalah yang harus dipecahkan bersama, oleh karena itu kami bangga dapat menjadi bagian dari program hari ini yang dapat mendorong dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang  berkelanjutan,” lanjutnya.

Dukungan Amatil Indonesia terhadap Lingkungan

Keberlanjutan di CCAI diatur dalam empat pilar terintegrasi, yaitu: People, Wellbeing, Environment dan Community, CCAI telah menjalankan berbagai inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai berikut: program Water Stewardship untuk mengembalikan jumlah air yang terpakai dalam proses produksi kembali ke alam dan masyarakat, Coke Kicks, City Clean-ups (termasuk kegiatan Bali Beach Clean Up yang sering mendapatkan penghargaan), dan Coca-Cola Forest.

Program Coca-Cola Forest menggabungkan kegiatan penanaman pohon dengan pelayanan pendidikan, dan program pemberdayaan masyarakat. Inisiatif tersebut pertama kali berjalan di Lampung pada tahun 2014, disusul dengan wilayah Jawa Barat pada tahun 2015, dan Jawa Tengah pada tahun 2017. Melalui program Coca-Cola Forest, CCAI telah menanam lebih dari 6.200 pohon dan menyumbangkan lebih dari 300.000 pohon pada masyarakat.(rls)

DIBACA - 5.665 KALI

Check Also

Telkomsel Hadirkan Paket OMG! Pelanggan Makin Suka-Suka Mengakses Youtube dan Social Media

JAKARTA-(deklarasinews.com)-Telkomsel menghadirkan Paket Kuota Data Oh My Gigabytes! (OMG!) yang merupakan paket baru Telkomsel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to friend