PURWAKARTA -(deklarasinews.com)- Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi menginstruksikan jajaran Koramil yang ada di bawahnya melakukan sosialisasi langsung kepada para petani terkait penggunaan cairan bio organik ini.

Hal ini guna memperluas jangkauan penggunaan BIOS 44 DC bagi para petani di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Kami mengandalkan para Babinsa yang menjadi ujung tombak Kodim 0619/Purwakarta di masyarakat. Mereka langsung bergerak mendatangi berbagai kelompok tani untuk mensosialisasikan penggunaan BIOS 44 yang ini,” kata Dandim saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (23/1/2023).

BACA:   Cegah Persebaran COVID-19 Malam Pergantian Tahun, Tiga Alun-alun di Batang Tutup

Di antaranya, seperti yang dilakukan oleh Serma Oyen Sopiyan yang merupakan Babinsa Desa Nagrog, Kecamatan Wanayasa yang masuk ke dalam wilayah Koramil 1901/Wanayasa.

Serma Oyen melakukan sosialisasi BIOS  44 DC kepada Kelompok Tani Sukahasil 2 yang bertempat di Kampung Babakan RT 05/RW 02 Desa Nagrog, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

“Kami mensosialisasikan penggunaan BIOS 44  untuk tanaman palawija jenis cabai di lahan seluas  40 meter persegi,” ujar Serma Oyen kepada wartawan.

BACA:   KKI Open Sumatera Championship 1/2023 Piala Pangdam II/Swj Atlet Karate Korem 043/Gatam Pimpin  Perolehan Medali

Sosialisasi tersebut di antaranya tentang tata cara penggunaan BIOS 44, yakni dengan disemprotkan secara langsung ke pohon atau tanaman. Juga, cara untuk memupuk setelah ditanam.

“Tata cara menggunakan BIOS 44 dimulai dengan menentukan dosisnya, yakni satu banding 20). Kemudian, penyemprotan setelah pohon cabai berusia dua bulan dan penyemprotan setelah pohon cabai mulai berbuah,” ucapnya.

Diharapkan dengan sosialisasi langsung, para petani dapat memahami pemanfaatan BIOS 44. Sehingga, penggunaannya lebih tepat dan hemat.

BACA:   Kunker di Banyuwangi, Kolonel Yudhi Jumpa Tokoh Masyarakat

Sosialisasi penggunaan BIOS 44 juga dilaksanakan di Desa Cibening oleh Babinsa Koramil 1907/Bungursari, Sertu Edi Sudrajat yang melakukan penyemprotan Bios 44 DC sesuai dosis.

“Penyemprotan BIOS dilaksanakan di lahan milik desa seluas 2.500 meter persegi. Lokasinya di Kampung Bunder RT 20/RW 07 Desa Cibening Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. Cairan BIOS yang digunakan sebanyak 15 liter,” katanya. (DR)

Tinggalkan Balasan