YAPEN -(deklarasinews.com)- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai wadah induk berhimpun Organisasi Kepemudaan Pemuda (OKP) tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen yang selama ini tidak begitu aktif, akhirnya telah memberikan angin segar kepada seluruh Pemuda dengan telah dilakukannya tahapan konsolidasi internal organisasi.

Karateker DPD II KNPI Kabupaten Kepulauan Yapen, Ketua Fredy Barangkea, S.IP, dan Sekretaris Salmon Robaha, S.IP, kubu Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama dan DPD I KNPI Propinsi Papua yang dinahkodai bung Amin Ngabalin dan bung Semmy Kogoya, secara resmi telah digelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimpurda) dan Musyawarah Daerah (Musda) DPD II dengan sorotan tema ”Mengembalikan Citra Pemuda KNPI Kabupten Kepulauan Yapen”

Dalam Sambutan Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, yang dibacakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Sonny A. Woria mewakil Pemerintah Daerah Membuka Secara Resmi Rapat Pimpinan Daerah (Rapimpurda) ke –XII dan Musyawarah Daerah (Musda) ke X.III Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II KNPI, Aula LPP RRI Serui, Selasa, 23/03/2022.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Yapen, Sonny A. Woria,  saat membacakan Sambutan Wakil Bupati, mengatakan Selaku Pemerintah Daerah kami menyambut positif Rapimpurda ke XII dan Musda ke XIII hari ini. Dengan harapan bisa menjadi Forum Pertemuan Strategis Pemuda di Kabupaten Kepulauan Yapen, baik di Kota Serui, Distrik serta sampai di Kampung demi Mengembalikan Citra KNPI sebagai Wadah Pemuda untuk mendukung sepenuhnya pembangunan di Kabupaten ini, tegasnya.

KNPI adalah Laboratorium kader dari berbagai latar belakang OKP dan Kepemudaan untuk ditempah dan belajar guna dipersiapkan menjadi kader-kader bangsa untuk selalu memberikan pikiran produktif dalam pembangunan bangsa dan negara lebih khusus di kabupaten Kepulauan Yapen yang kita cintai.

Dalam kegiatan ini, Saya diberi kesempatan menyajikan materi dengan topik Memperkuat Konsolidasi, Sinergritas dan Komitmen Pemuda Yapen yang memiliki Integritas dan Nasionalisme menuju Yapen yang Damai, Mandiri dan Sejahtera.

Kami dapat menyampaikan beberapa poin yaitu Pertama, Penguatan terhadap Konsolidasi dan Mempersatukan Kaum Pemuda diseluruh wilayah Kabupaten yang kita cintai, ini.

Kedua, KNPI sebagai Induk Organisasi Pemuda, memiliki peranan yang Sistematik dan Berkelanjutan dalam membangun generasi muda bangsa secara khusus membangun pemuda Yapen, berjiwa Nasionalisme, Patriotisme, memiliki kecintaan bagi Indonesia, bagi Papua dan kabupten Kepulauan Yapen.

Ketiga, Pemuda yang berkarakter Takut akan Tuhan, artinya bahwa dalam memainkan peranan pemuda saya harapkan lebih mengedepankan sisi Keagamaan dan Kemanusiaan, mengingat bangsa kita adalah ber Ketuhanan Yang Maha Esa, begitupun juga bangsa yang Berkemanusiaan yang Adil dan Beradab”, pungkas Kakesbangpol Yapen, Sonny A. Woria mengakiri pembacaan sambutan Wakil Bupati Kepulauan Yapen”.

Dikesempatan yang sama DPD I KNPI Propinsi Papua Korwil Saireri, bung Saneraro Wamear, dalam sambutannya menyampaikan tiga pesan Ketua DPD I Papua Bung Amin Ngabalin bahwa yang pertama Pemuda tetap  Menjaga Nama Marwa Organisasi Kepemudaan sebagai media atau wadah untuk menyiapkan dan meningkatkan kapasitas pemuda sebagai generasi yang selanjutnya akan mewarisi, dalam melanjutkan estafet organisasi, maka pemuda perlu memantapkan kapasitas organisasi.

Pesan kedua bahwasannya Dinamika Kepemudaan hari ini kami dari  pimpinan bung Amin Ngabalin tidak langsung mengklaim bahwa kamilah pemuda Indonesia sesungguhnya. Mengapa demikian, karena ada teman-teman yang lain juga yang sedang melakukan konsolidasi dalam rangka sama-sama sedang Memantapkan Kapasitas Pemuda, bebernya.

Untuk itu, yang ketiga secara organisasi kami tidak dapat mengklaiam ini yang benar sebab nyatanya saat ini semua berjalan. DPP KNPI saat ini ada Tigalisme sekaligus, bung Haris Pratama berpesan kepada kami semua bahwa kita tetap mengedepankan Rasionalitas, Profesionalitas, kita tetap melihat kemanfaatan dari organisasi KNPI sebagai wadah media sebagai tempat dimana Persemaian Kader, Penyiapan kader Pemimpin Masa depan.

Kami selaku Korwil Saireri DPD I KNPI Propinsi Papua bung Saneraro, ingin berpesan kepada semua teman OKP di Kepulauan Yapen bahwasannya Dinamika Organisasi ini jangan menjadi Konflik, atau menjadi tempat untuk kita saling bermusuhan namun perlu dipahami sebagai Dinamika Kepemudaan. Kondisi ini bukan saja terjadi di Yapen tetapi ini juga terjadi di pusat hingga ke Provinsi terjadi hal yang sama.

Tegas, Korwil Saireri bung Saneraro, jika boleh memuji harus kami katakana bahwa hingga saat ini, kurang lebih 70% pengurus DPD I Provinsi dan DPD II Kabupaten Kota yang telah terkonsolidasi pengurusnya saat ini diseluruh Indonesia ada dibawah struktur pengurus bung Haris Pratama.

Apresiasi, dan atensi kami sebelum mengakiri sambutan ini, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang telah merespon Rapimpurda dan Musda DPD II KNPI Yapen dan dengan harapan pesan kami bahwa Dinamika Kepemudaan yang terjadi saat ini datang dari anak-anak muda Yapen yang perlu difasilitasi, didampingi dalam rangka pengembangan pemuda.

Kami juga sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada teman-teman Karateker DPD II KNPI Yapen karena dengan modal semangat militansi telah mensukseskan kegiatan Rapimpurda dan Musda DPD II KNPI Yapen ini, Pemuda Yapen Jaya.

Hadir dalam kegitan, Bendahara DPD I KNPI Propinsi Papua bung Karel Suebu, Korwil Saireri bung Saneraro Wamear, Kasat Intel Polres Yapen AKP Frits Arera, Kepala Distrik Yapen Selatan, Since Wihyawari, S.Sos.,M.AP, PAC KNPI Tingkat Distrik serta sejumlah OKP. (Zack).