WAYHUI-(deklarasinews.com) – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Bandarlampung Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, hari ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 di lingkungan Rutan Wayhui. Acara dilaksakan di Lapangan Upacara Rutan Kelas 1 Bandarlampung Sabtu (27/4/19) pagi.

Acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung , Bambang Hariono dan dihadiri oleh seluruh pejabat tinggi dan Kepala UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung.

Diketahui bertindak sebagai Komandan upacara Hensah Kalapas Narkotika Bandarlampung Selain pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung acara ini turut dihadiri oleh pejabat dari instansi terkait, mulai dari Kejaksaan, Bea Cukai, Kodim, Wadir Reskrimum dan Staf serta pejabat dari seluruh Lapas, Rutan di Lampung juga Pemimpin Umum media online pelitaekspres.com.

BACA:   Koptu Candrawasi Berama Satgas Tertibkan Prokes Di Tanjung Karang Barat

Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 diharapkan bisa menjadi pemicu semangat juang, dan menjadi spirit-legacy dari pengabdian para pendahulu dan peletak dasar Pemasyarakatan. Dalam pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI,Bambang Hariono menyebutkan, bahwa peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan bisa menjadi momentum untuk melakukan perubahan dan pembenahan agar Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan dapat terlaksana dengan maksimal.

Bambang Hariono, Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, mengatakan, “Paradigma terus berubah, dan UPT Pemasyarakatan harus ditransformasikan sebagai pranata sosial untuk menyiapkan masyarakat yang tangguh, berketerampilan, dan memiliki produktifitas tinggi yang siap berkompetisi dalam persaingan global.

Perubahan paradigma tersebut juga diejawantahkan melalui program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

Di sela-sela acara, turut dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Petugas Pemasyarakatan. Beberapa lapas yaitu  Lapas Kota Agung, Metro, Gunung Sugih dan Kalianda yang berprestasi.

BACA:   Personil Polresta Bandar Lampung Raih Prestasi di Kejuaraan Judo Piala Kapolri 2022

Untuk piagam penghargaan yang pertama diberikan kepada beberapa orang Petugas Pemasyarakatan Kota Agung telah berhasil menggagalkan usaha penyelundupan narkoba ke dalam Lapas.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada operator Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) .

“Piagam penghargaan ini adalah wujud apresiasi dari Kanwil Kemenkumham Lampung kepada rekan-rekan Petugas Pemasyarakatan yang dipandang cakap dan berprestasi dalam melaksakan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Semoga bisa menjadi motivasi untuk terus bekerja dengan baik,” ujar Bambang

Selain seremoni upacara, perayaan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 juga dirayakan dengan pelaksanaan pemotongan tumpeng yang dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, Bambang Hariono.

Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung, mulai dari yang paling senior dan yang junior.

BACA:   Kepala Staf Kodim 0808/Blitar Bagikan Masker Secara Gratis

Sementara Karutan Roni Kurnia  merasa bangga dengan ditunjuknya Rutan Kelas 1 Bandarlampung  sebagai tuan rumah Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55.

“Semoga penunjukkan UPT kami sebagai tuan rumah Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 ini bisa menjadi motivasi tambahan bagi kami untuk terus bergerak dan berjalan menuju ZI WBK dan WBBM,” singkatnya.(zal)

Tinggalkan Balasan