ASAHAN -(deklarasinews.com)- Forkopimda Provinsi Sumatera Utara melaksanakan penanaman Bibit Mangrove dalam rangka Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nusantara Bersama Forkopimda Provinsi Sumatera Utara yang di selenggarakan oleh KTHN (Kelompok Tani Hutan dan Nelayan) Rajawali Mandiri di Desa Pematang Sei Baru Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan.

Khususnya untuk diwilayah Kabupaten Asahan dipusatkan di di Desa Pematang Sei Baru Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan penanaman mangrove tersebut adalah sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab untuk melestarikan alam, menjaga ekosistem dan langkah mitigasi terhadap bencana.

Pejabat dan elemen masyarakat di Kabupaten Asahan yang hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Sumut di wakili oleh Dir Pam Obvit Polda Sumut Kombes I Made Oka Putra SIK, Pangdam I / BB di wakili oleh Aster Kasdam Kolonel ARH. Dedik Ermanto, S.I.P, M.T, Pabandya Bhakti Sterdam Letkol Inf M. Sianturi, Bupati Asahan di wakili oleh Asisten II Ekbang Setda Kab Asahan Drs. Muhilli Lubis MM Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH,

BACA:   Pj. Bupati Tuba Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia Tahun 2023

Dandim 0208/As Letkol Inf Frengki Susanto.SE, Danlanal Tanjung Balai di wakili oleh Lettu Laut (P) Rohman, Kepala Balai Penggelolaan Das Asahan Barumun Ahmad Taufik Siregar S.Hut.T, Kasat Sabhara Polres Asahan AKP Ilham Harahap, Kapolsek Sei Kepayang Iptu Sutari, Mewakili Dinas Kehutanan Prov Bapak Mujakir Daulay,Camat Tanjung Balai Kamarul Zaman Kepala Desa Pematang Sei Baru DTM Ahmad Faisal, Beserta para Kelompok Tani KTHN Pematang Sei Baru.

BACA:   Bupati Bartim Melantik 130 Orang dan Diambil Sumpah Janjinya di Lingkungan Pemkab Bartim

Bupati Asahan di wakili oleh Asisten II Ekbang Setda Kab Asahan dalam sambutannya mengatakan, penanaman mangrove ini adalah bagian langkah strategis kita semua dalam memberikan perhatian khusus pada lingkungan serta dapat mengoptimalkan hasilnya serta melestarikan  wisata alamnya.

Penanaman pohon mangrove ini juga bermanfaat untuk mengatasi abrasi di lingkungan warga masyarakat desa Pematang Sei Baru dengan adanya program penanaman mangrove ini masyarakat akan mendapat manfaatnya.

BACA:   Pemkab Nias Barat Melalui Disparbudpora Susun Study Kelayakan Pembangunan Museum

Sementara Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH menyampaikan penanaman mangrove bertujuan untuk melestarikan alam khususnya di Desa Pematang Sei Baru Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan.

“Selain itu, ini juga melestarikan sumber daya terhadap setiap aktivitas yang akan mengancam kerusakan lingkungan, sumber daya laut, pesisir pantai, agar dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak, sehingga dapat kita wariskan kepada anak cucu kita kelak,” ungkapnya. (Wahyu)

Tinggalkan Balasan