FISIP Siapkan PKKMB Sambut 1.200 Maba 2024

BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ) menggelar rapat persiapan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024 di Working Space Universitas Lampung ( Unila ).

Rapat yang dihadiri Wakil Dekan Mahasiswa dan Kerja Sama Dr. Robi Cahyadi Kurniawan, S.IP., MA, Panitia PKKMB serta Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan ormawa (organisasi mahasiswa)

Pertemuan ini bertujuan untuk mempersiapkan agenda penyambutan kepada 1.200 mahasiswa baru (maba) dalam gelaran PKKMB FISIP yang dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 19-20 Agustus 2024.

PKKMB tahun ini mengusung tema Nusantara sebagai upaya menciptakan atmosfer yang tidak memandang perbedaan suku, program studi, dan ormawa, serta mengusung tagline “Nawa-satu” yang memiliki filosofi sansekerta yaitu, Nawa yang berarti sembilan melambangkan sembilan prodi di FISIP dan satu, yang berarti memiliki satu visi yang sama. Satu jiwa satu Nusantara.

Dalam persiapan PKKMB dibentuk panitia sebanyak 130 panitia yang merupakan perwakilan dari sembilan HMJ program studi.

Dr. Roby menargetkan untuk meraih prestasi kembali dalam pelaksanaan PKKMB tahun 2024. Pada tahun 2023 lalu, FISIP berhasil meraih peringkat ketiga dalam pelaksanaan PKKMB terbaik se-Unila.

“Tahun ini, target kami meraih prestasi yang sama, minimal juara tiga, kalaupun bisa, bisa masuk ke juara pertama,” ujarnya.

Roby menjelaskan, PKKMB mencakup beberapa aspek penting. Pada hari pertama, fokus utamanya adalah pada sisi akademis. Siswa diberikan materi tentang kebangsaan, keindonesiaan, motivasi siswa, peran dan tanggung jawab siswa, serta kesempatan masa depan untuk meraih cita-cita mereka.

Pada hari kedua, program beralih ke pengenalan kampus dan organisasi kemahasiswaan. FISIP Unila yang memiliki 17 ormawa, meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), HMJ, Himpunan Mahasiswa Diploma (HMD), dan unit kegiatan mahasiswa lainnya.

“Mahasiswa diharapkan dapat memahami dari sisi akademis, perkuliahan, dan non-akademis seperti keaktifan dalam organisasi. Kami juga berfokus pada bagaimana membuat siswa termotivasi agar terus berkarya selama kuliah dan setelahnya,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Panitia PKKMB, Ervianda Dwijaya Putra juga memaparkan persiapan teknis yang telah dilakukan panitia. Ia mengungkapkan, sejauh ini panitia sudah menyusun usulan rencana anggaran biaya (RAB) dan konsep acara yang akan disajikan.

“Saat ini, persiapan teknis masih dalam tahap penyusunan proposal RAB dan konsep acara yang akan kita hadirkan di PKKMB nanti,” ujarnya.

Dengan persiapan yang matang, FISIP berharap PKKMB tahun ini dapat menjadi pengalaman berkesan bagi mahasiswa baru dan memotivasi mereka untuk berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.(Red)

Tinggalkan Balasan