Dosen Prodi PSP FPIK UPS Tegal Juara 1 Krenova Tahun 2021

TEGAL- (deklarasinews.com)- Prestasi membanggakan diraih dua dosen program studi pemanfaatan sumberdaya perikanan (PSP) Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Heru Kurniawan Alamsyah, S.Kel., M.Han., dan Ir. Sri Mulyani, M.Si dengan meraih juara 1 lomba krenova tahun 2021 kategori umum yang diselenggarakan oleh Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal. Keduanya mengusung tema Squid Village:  Pemanfaatan Hebel Stone dalam Pengembangan Habitat dan Kelimpahan Cumi-Cumi Untuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat Pesisir Kabupaten Tegal. Tema tersebut diambil mengingat wilayah pesisir Kabupaten Tegal memiliki potensi perikanan dan kelautan yang cukup melimpah, namun pengembangan sumberdaya perikanan dan kelautan khususnya cumi-cumi belum dilaksanakan secara optimal.

Squid Village merupakan suatu inovasi teknologi yang dikembangkan dengan model rekayasa ekosistem laut (marine ecosystem engineering). Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi atraktor cumi-cumi yang sudah ada sebelumnya. Squid village dikembangkan dengan memadukan antara rekayasa desain squid spot dan habitat cumi-cumi. Adanya Squid Village diharapkan dapat memberikan berbagai macam manfaat yang dapat dirasakan seperti peningkatan pendapatan masyarakat, meningkatnya daya dukung sumberdaya cumi-cumi, menjadi habitat bagi cumi-cumi, sebagai tempat penelitian (research site), sebagai tempat ekowisata kelautan (squid marine ecotourism), tempat budidaya alami cumi-cumi, maupun menjadi daerah tangkapan potensial nelayan di Pesisir Kabupaten Tegal.

Lomba kreativitas dan inovasi (krenova) merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Bappeda dan Litbang dalam mendukung agenda kebijakan inovasi untuk membangun budaya inovasi sebagai bentuk apresiasi pemerintah kabupaten Tegal melalui pemberian penghargaan dikalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum atas keberhasilannya menciptakan produk kreatif dan inovatif yang mempunyai daya guna dan bernilai ekonomis. Lomba krenova tahun 2021 dilaksanakan melalui seleksi yang ketat dimulai dari proses registrasi, verifikasi, wawancara, hingga gelar produk dan presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2021.

Disampaikan oleh ketua Tim juri Krenova tahun 2021, Darmanto, S.Pi., M.Si bahwa penjurian dilaksanakan secara objektif dan professional untuk menentukan pemenang krenova dari berbagai kategori. Setelah dilakukan penjurian yang ketat, akhirnya tim dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK UPS menjadi juara dalam lomba krenova kategori umum tahun 2021.(mad/fit)

DIBACA - 5 KALI

Check Also

Ujian Sidang Terbuka, Rektor IIB Darmajaya Resmi Sandang Gelar Doktor

BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)– Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *