BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)- Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) International Office (IO) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar General Lecture Exchange dengan Nantong Vocational University (NTVU) China pada Selasa (20/12/22).

Dalam General Lecture Exchange Ms. Xing Ya dari NTVU China memaparkan topik “Accounting Transformation In The Era of Intellegence Finance”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa IIB Darmajaya baik dalam tataran akademik maupun cultural.

Dalam kesempatan itu dihadiri Kepala Bagian International dan Kerjasama NTVU, Ms. Gloria dan Kepala UPT International Office IIB Darmajaya Muhammad Dwiyan Aditiya serta diikuti ratusan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ms. Xing Ya memaparkan tentang Robotic Process Automation (RPA) merupakan implementasi akuntansi dengan pemanfaatan teknologi. RPA juga telah digunakan perusahaan besar seperti Alibaba. “Perbandingan dalam pengerjaan data keuangan secara manual dengan RPA jauh berbeda. Manual dapat diselesaikan dalam waktu 8 jam dan menggunakan RPA hanya dalam waktu 5 menit,” ungkap dia dalam bahasa Inggris.

Keuntungan dari RPA, lanjut dia, meningkatkan efisiensi kerja dan menghemat biaya secara efektif. Kemudian, meningkatkan ketepatan informasi akuntansi dan meningkatkan kualitas informasi keuangan. “Konten RPA dibidang keuangan meliputi manajemen biaya, manajemen dana, dan akuntansi keuangan,” ujarnya.

Ms. Xing Ya juga menjelaskan terkait pengaruh Artificial Intellegence terhadap Akuntansi Tradisional. Pertama, pemrosesan otomasi kerja akuntansi standar, efisiensi akuntansi tradisional telah ditingkatkan. Selanjutnya, laporan akuntansi sistematis dihasilkan secara elektronik, dan kualitas informasi akuntansi tradisional ditingkatkan.

Kemudian, basis pengambilan keputusan yang komprehensif dilakukan secara cerdas, dan fungsi manajemen akuntansi tradisional ditingkatkan. Karena persyaratan teknis sistem informasi ditingkatkan, risiko keamanan akuntansi tradisional tidak dapat diabaikan.

Ms. Xing Ya juga memberikan saran kepada mahasiswa untuk mempelajari pengetahuan dasar mengenai teori akuntansi turunannya sesuai standar akuntansi, peraturan, sistem, dan pengetahuan profesi lainnya. “Untuk mendukung hal tersebut juga dapat mengambil kursus manajemen, komunikasi dan koordinasi dan pembelajaran pendukung komprehensif lainnya. Mahasiswa juga agar dapat mengambil magang di perusahaan yang lebih spesifik usahanya,” imbuhnya.

General Visiting Lecture merupakan implementasi kerjasama antara IIB Darmajaya dengan NTVU, China. Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama UPT IO menggelar sharing knowledge yang disampaikan oleh Dosen NTVU. (**)

Tinggalkan Balasan