Bincang Pagi !! Dandim 0410/KBL : Keberhasilan Tugas Babinsa Adalah Ketika Bisa Dekati Hati Rakyat

BANDAR LAMPUNG -(deklarasinews.com)- Bintara pembina desa atau biasa disebut Babinsa merupakan pelaksana Danramil dalam melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di Pedesaan/Kelurahan.

Akhir-akhir ini sosok Babinsa kerab menjadi perbincangan, lantaran kedekatan emosional yang dibangun secara baik oleh Babinsa di tengah masyarakat.

“Salah satunya yaitu Babinsa Kodim Samarinda yang mendapatkan penghargaan dari pimpinan daerah dan juga bapak Kasad, itu adalah bentuk pelayanan optimal TNI kepada masyarakat,” kata Dandim 0410/KBL Letkol Arm Tri Arto Subagio saat bincang pagi bersama Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, di markas Kodim setempat, Senin (30/1)

BACA:   Dangartap III/Surabaya Sambut Kedatangan Satgas Pamrahwan Yonmek 512/QY

Menurut Dandim, letak keberhasilan seorang Babinsa adalah ketika Babinsa tersebut bisa dekat serta menjadi solusi untuk masyarakat.

” Keberhasilan seorang Babinsa yaitu saat mereka dekat dengan rakyat. Misalnya, setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat tidak ragu curhat kepada Babinsa. Itu suatu bentuk keberhasilan yang hakiki bagi saya,” ujarnya

Lebih lanjut Dandim mengatakan, selain tugas pembinaan teritorial personel Kodim juga melaksanakan latihan secara berkala yang sudah di atur setiap tahunnya, dalam rangka meningkatkan profesionalisme Prajurit.

BACA:   Ingin Masuk Akmil, Ini Pesan Dandim Untuk Ketut Adiasa

“Seperti gladi posko, yaitu bagaimana Babinsa dan Danramil itu koordinasi dengan Stakeholders yang lain, contohnya ketika ada kebakaran ataupun bencana alam. Tentunya kegiatan ini sangat penting agar tercipta koordinasi yang baik dalam rangka mengantisipasi berbagai persoalan yang mungkin timbul.

Satuan Kodim tersebut juga senantiasa mendukung Pemerintah daerah untuk mewujudkan kota Bandar Lampung yang aman dan tentram. Salah satu dukungan tersebut yakni dengan rutin menggelar Patroli.

BACA:   Kodim Klungkung Buka Rekrutmen Komponen Cadangan

“Tiap hari kita Patroli, baik itu patroli internal Kodim maupun berkolaborasi dengan Polri dan pemerintah daerah agar masyarakat tau bahwa setiap harinya Kota Bandar lampung dalam pengawasan sehingga mereka bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman,” tandasnya.

Sementara Wiyadi, Ketua DPRD Kota Bandar lampung mengatakan, pihaknya siap berkoordinasi dengan satuan Kodim 0410/KBL untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Apapun itu, Kami dari DPRD bersama jajaran Kodim siap berkolaborasi sama-sama memberikan pelayanan terhadap masyarakat Bandar lampung,” pungkasnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan