Baylam Adakan Acara Halal Bihalal Di Sekretariat Lamban Gedung Kuning (LGK)

BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)- Halal bihalal dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama sesudah bulan puasa Ramadan dalam suasana Idulfitri pada bulan Syawal dengan tujuan sebagai media untuk saling bermaafan sesama muslim dan orang yang hadir dalam acara tersebut supaya segala kesalahan yang telah dilakukan dapat dimaafkan.

Halal bi halal dilaksanakan tak hanya antar keluarga dekat saja, namun juga ke sesama teman hingga rekan kerja. Halal bihalal dilakukan baik dengan saling berbaris bersalaman dan mengunjungi satu sama lain.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti Halal Bihalal adalah hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan. Halal Bihalal biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang yang merupakan tradisi khas masyarakat di Indonesia.

Hal itu juga yang dilakukan oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) Bebay Lampung (Baylam) yang dikomandani oleh Dora Yasmin sebagai ketua, dibawah pembinaan Irjen Pol (Purn) Dr. H. Ike Edwin, S.H., M.H., M.M., dan dr Hj. Aida Sofina, dengan mengadakan acara Halal Bihalal Di Sekretariat Baylam, di Lamban Gedung Kuning (LGK), jalan Pangeran Suhaimi Sukarame Bandar Lampung, Jum’at (13/5/2022).

Menurut Dora Yasmin, acara tersebut diselenggarakan sebagai media untuk saling memaafkan, menjalin tali silaturahmi dan memupuk rasa kekeluargaan dengan sesama anggota maupun dengan pengurus dan pembina Baylam.

” Acara ini sengaja kita selenggarakan sebagai media untuk saling memaafkan dan untuk menjaga tali silaturahmi serta memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama anggota maupun dengan pengurus dan pembina Baylam” Ujar Dora.

Ditempat yang sama, Pembina Ormas Baylam Dang Ike, sapaan akrab Irjen Pol (Purn) Dr. H. Ike Edwin S.H., M.H., M.M., mengatakan dalam sambutannya, mengajak semua anggota Baylam untuk kembali ke fitrah (Fitri).

“Dalam momentum Halal Bihalal ini, mari kita bersihkan hati, bersihkan pikiran dan kembali kepada Fitri, kita sucikan hati, kita sucikan pikiran, hilangkan rasa benci, hilangkan rasa dendam, iri dan dengki” ucap Dang Ike.

Selanjutnya Dang Ike juga menyampaikan harapannya agar Baylam kedepannya lebih baik lagi, lebih kompak, lebih solid dan bisa berguna bagi masyarakat, keluarga, Agama dan Negara.

“Saya selaku Pembina Di Ormas Baylam berharap kepada seluruh anggota Baylam agar kedepannya lebih baik lagi, lebih kompak, lebih solid dan rukun, agar bisa berguna bagi masyarakat, keluarga, Agama dan Negara” harap Dang Ike.

Diakhir sambutannya Dang Ike menyampaikan Minal Aidin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh yang hadir. | (*)

DIBACA - 5 KALI

Check Also

Pererat Silaturahmi, dr. Zam Gelar Halal Bihalal

BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)- Masih dalam suasana merayakan Idul Fitri 1443 H, dr.Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes  menyelenggarakan Halalbihalal kediaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.