TERNATE -(deklarasinews.com)- Kegiatan sosialisasi Sistem Pengelolaan dan Pencairan Dana Terintegrasi (SP2DT) yang dilaksanakan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Maluku Utara resmi dibuka Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Sri Haryanti Hatari, bertempat di Sahid Bella Hotel, Ternate, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan yang diketahui atas kerjasama BPKAD dan PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses itu, dihadiri oleh sebagian pegawai BPKAD dan stakeholder lainnya.

Sri pada kesempatan tersebut mengatakan, terkait penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan lebih kepada pemanfaatan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat umum.

BACA:   Gubernur Arinal :   "Pemda Menyapa" Bisa Lebih Mendekatkan Pemerintah dan Masyarakat

Sebab, menurut Sri BPKAD sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan pelayanan pada  proses Pengelolaan Keuangan Daerah terus melakukan perbaikan dan inovasi-inovasi terhadap pelaksanaan pelayanan tersebut.

“Salah satu inovasi yang dikembangkan dalam proses pelayanan ini adalah SP2DT dan System Penerimaan Online Terintegrasi (SPOT),” katanya.

BACA:   Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Apresiasi  Lampung Post Garden Festival 2022

Lanjut Sri mengatakan, dengan landasan dalam melakukan inovasi-inovasi tersebut, adalah Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Peraturan Presiden 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik.

Selain itu, Surat Edaran Mendagri Nomor 900/1866/SJ dan Nomor 900/1867/SJ tentang pelaksanaan transaksi non tunai pada pemerintah daerah dilaksanakan paling lambat tanggal 1 Januari 2018 yang meliputi seluruh transaksi penerimaan daerah dan pengeluaran daerah, Peraturan Gubernur Maluku Utara Nomor 52 Tahun 2018 tentang Penerapan Transaksi Non Tunai dan Peraturan Gubernur Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan Inovasi Daerah di Maluku Utara.

BACA:   Diskominfotik Lampung Gelar FGD Admin Media Sosial Seluruh Instansi Di Lingkup Pemprov

“Dalam proses pengembangan dan implementasi dari System Informasi tersebut, BPKAD bekerjasama dengan PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses yang berkompoten dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT) dan telah lulus dalam proses Tender,” ungkap Sri. (is).

Tinggalkan Balasan