Apa Itu Fitur eSP+ yang Disematkan Pada Motor Honda?

NATAR -(deklarasinews.com)- Fitur eSP+ adalah terobosan baru peningkatan fitur eSP yang dirancang oleh Honda. eSP+ adalah teknologi yang telah disempurnakan lengkap dengan beberapa pembaruan seperti penyematan empat katup, peningkatan rasio kompresi lebih tinggi, menggunakan hydraulic tensioner. Awal penerapan eSP+ sudah mulai diperkenalkan pada tahun 2022 sampai sekarang bisa menjadi teknologi andalan Honda.

Berikut penjelasan fungsi dan fiturnya :
Bagi yang belum tahu eSP+ adalah kepanjangan dari Enhanced Smart Power Plus, teknologi terbaru besutan pabrik Honda untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan performa dari motor Honda dengan pembakaran yang efisien.

Komponen dari eSP terdiri dari: Spinny Sleeve, tekstur berduri yang terdapat pada dinding silinder untuk menjaga bentuk lingkaran tetap sempurna. Bagian ini dapat meminimalisir distorsi dan gesekan antar komponen.Squish,komponen ini berguna untuk membuat pengapian lebih baik dan pembakaran yang cepat. Tumble, memastikan penyebaran pembakaran bahan bakar merata dan menjadi lebih sempurna. Offset cylinder, berguna untuk meminimalisir gesekan antara piston dan silinder dengan menyesuaikan posisi silinder dan crankshaft. Roller type rocker arm, memilih shell type needle bearing untuk bagian poros. Dengan begitu, gesekan dan beban pegas katup berkurang. ACG starter, teknologi canggih yang dapat menghidupkan mesin lebih halus dan mendukung fungsi ISS (Idle Stop System)‚ÄĚjelas Devi Anggraeni Sales Counter Astra Motor Natar

Ini Perbedaan Teknologi eSP dan eSP+
Terdapat perubahan yang besar antara kedua teknologi ini, eSP+ adalah teknologi yang telah disempurnakan lengkap dengan beberapa pembaruan seperti penyematan empat katup, peningkatan rasio kompresi lebih tinggi, menggunakan hydraulic tensioner.

Tidak hanya itu, terdapat pula penggunaan piston oli jet membuat crankshaft lebih rigid, fitur rectifier pada ruang filter membuat angin yang mengarah ke ruang pembakaran lebih presisi.

Berbeda dengan eSP biasa yang masih belum mengadopsi teknologi-teknologi di atas dan dirancang untuk mesin dengan rasio kompresi standar.

Honda tampaknya membekali eSP+ untuk unit motor tertentu saja tidak seperti eSP yang umum digunakan di hampir semua jenis unit, eSP+ lebih unggul dari berbagai aspek.

Beberapa keunggulan dari fitur eSP+ sebagai berikut:
Performa mesin menjadi lebih baik, Perputaran mesin lebih optimal dan gesekan berhasil dikurangi, Akselerasi motor terasa lebih halus dan sebagainya.(Red)

Tinggalkan Balasan