Aki Motor Tidak Mengisi – CV Jaya Sakti Motor

KOTABUMI – (deklarasinews.com)– Aki pada kendaraan bermotor memiliki fungsi penting untuk menyimpan tenaga listrik. Namun, ada kalanya Anda mengalami masalah dengan aki motor yang tidak mengisi alias tekor (21/06/2024).

Salah satu efek negatif dari aki yang tekor atau soak adalah kesulitan untuk menghidupkan mesin. Selain itu, lampu sein juga bisa tidak berkedip, dan sorot lampu motor menjadi redup.

Kondisi ini tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga pengendara lain. Lantas, apa sebenarnya penyebab aki motor tidak mengisi atau tekor? Mari kita cermati satu per satu:

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

  1. Pemakaian Aksesoris Berlebihan

Pemakaian aksesoris yang berlebihan, seperti modifikasi lampu dan klakson di luar kapasitas mesin, bisa menyebabkan aki tidak mengisi. Alasan penambahan lampu biasanya untuk menampilkan kesan vintage, dan klakson motor sering dimodifikasi agar suaranya lebih tebal atau keras seperti klakson mobil.

Jika ingin meningkatkan lampu atau klakson, maka sistem kelistrikan perlu ditingkatkan. Gunakan aki yang lebih besar, penambahan spul yang lebih kuat, serta relay guna menstabilkan arus listrik.

  1. Indikasi Kotor

Aki motor yang tidak mengisi juga bisa disebabkan oleh aki yang kotor, terutama jika motor menggunakan jenis aki basah. Aki basah mudah sekali berjamur, khususnya pada bagian baut dan lempengan terminal negatif dan positif. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan baut dan lempengan penghantar arus listrik terkikis dan merusak terminal tersebut.

Perawatan Berkala

Untuk mencegah masalah aki tidak mengisi, lakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara berkala di bengkel AHASS terdekat. Dengan begitu, seluruh fitur dan komponen sepeda motor dapat bekerja secara optimal. (Red)

 

Tinggalkan Balasan